5 Tips Rahasia Buat Kamu Yang Ingin Menikah di Restoran!

Menikah di Restoran

5 Tips Rahasia Buat Kamu Yang Ingin Menikah di Restoran!

5 Tips Rahasia Buat Kamu Yang Ingin Menikah di Restoran!

By Rani Yustita


Jika dirasa gedung atau hotel dirasa terlalu mahal untuk dijadikan tempat resepsi, menikah di restoran bisa menjadi alternatifnya.


Makanan dan katering merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan kualitasnya. Dua hal ini juga yang akan membuat tamu merasa nyaman dan betah pada sebuah acara pernikahan. Kalau di gedung atau di hotel sudah pasti memiliki koki yang kredibel, bagaimana jika kita memilih menikah di restoran?

Banyak orang yang beranggapan bahwa restoran tidak terlalu cocok untuk di jadikan tempat pernikahan, karena merasa terlalu kecil dan ‘bukan pada tempatnya’. Padahal, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat apabila memutuskan menikah di restoran. Beberapa diantaranya adalah kamu tidak perlu lagi menyewa kursi dan meja, catering, atau bisa saja tidak memerlukan jasa dekorasi lagi

Nah buat kamu yang ingin menikah di restoran, disini kami akan memberikan 7 tips rahasia agar acara pernikahan mu semakin lancar!

Faktor Makanan

Biasanya, restoran dikenal karena kelezatan makanan yang dijual nya. Apakah kamu dan pasangan mau memberikan kelezatan makanan restoran favorit kalian kepada para tamu undangan? Pasangan yang menyukai sushi misalnya, mereka bisa saja melaksanakan pernikahan di restoran Jepang favorit mereka. Dan apabila mereka merupakan pelanggan tetap, pasti akan di beri potongan harga.

Ya, salah satu faktor pendukung bagi seseorang yang ingin menikah di restoran adalah menyukai makanan yang ditawarkan, dan menjadi pelanggan tetap. Pasangan pengantin harus yakin bahwa makanan yang dijual memiliki rasa yang nikmat dan tidak perlu diragukan lagi. Tapi perlu di ingat, makanan yang ditawarkan pada tamu undangan harus disesuaikan juga seleranya.

Tidak semua tamu undangan menyukai makanan jepang. Meskipun kamu berdua suka dengan makanan Jepang, harus ada menu ‘netral’ penyeimbang agar tamu undangan bisa tetap menikmati makanan yang ada. Karena itulah sebelum kamu memutuskan untuk menikah di restoran, tanyakan dulu pada koki menu apa saja yang bisa dibuat diluar menu.

 

Faktor Harga

Tujuan utama menikah di restoran adalah harga. Harga yang ditawarkan restoran biasanya jauh lebih murah daripada harga yang ditawarkan oleh gedung atau hotel. Namun tetap saja, kamu harus survey ke banyak restoran dulu sebelum memutuskan menikah di restoran mana. Sebabnya adalah, tidak semua restoran memiliki tempat, fasilitas, rasa, dan harga yang sama.

Cek dan survey dulu ke sekitar 5-7 restoran favorit yang bisa kamu jadikan pilihan. Lihat range harganya, lihat menu nya, dan lihat tambahanya. Biasanya memang restoran memberikan paket nikah sesuai harga, namun tanyakan bonus apa saja yang bisa didapatkan. Misalnya, di restoran A dengan harga sekian tapi tidak diberikan coffee break pada saat akad. Tapi di restoran B dengan harga yang lebih mahal mendapatkan coffee break pada saat akad. Mana yang sekiranya lebih baik? Hal-hal kecil namun penting seperti inilah yang harus diputuskan oleh kamu dan pasangan mu.

Faktor Tempat dan Dekor

Biasanya, restoran akan memberikan tempat dan menu makanan bagi pasangan yang ingin menikah di restoran. Sebagian ada yang juga memberikan fasilitas dekor, sebagian pun tidak. Ada yang mengharuskan memakai dekorasi dari restorannya langsung, ada yang boleh dari luar. Bagaimana keinginan kamu dan pasangan? Berapa budget yang kalian miliki? Mencukupikah? Hal-hal seperti inilah yang harus ditanyakan pada manager restoran

Cek juga sirkulasi udara yang ada di restoran tersebut. Apakah memadai dan tetap nyaman jika di isi sekian orang? Jangan sampai memaksakan tempat yang kamu suka tapi menyebabkan tempat terlalu penuh. Hal ini hanya akan membuat tamu undangan merasa tidak nyaman dan tidak betah di tempat kamu.

Memang, tempat pada restoran pun biasanya lebih kecil daripada gedung dan hotel. Karena itu kamu harus kreatif dan totalitas dalam menemptakan dekorasi. Tempat yang lebih kecil justru akan lebih mudah mengaturnya, dan kamu bisa lebih fokus melihat kira-kira dekorasi seperti apa yang pantas di pasang.

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan fasilitas yang ada di restoran, seperti kolam ikan, pajangan-pajangan hingga meja dan kursinya. Jika dirasa masih kurang, kamu jadi tinggal menambahkan aksen saja seperti pita atau bunga yang sesuai dengan tema pernikahan.

 

 Menikah di Restoran

Menikah di restoran, mengapa tidak?

Perjanjian dan Kenaikan Harga

Dikarenakan harga untuk menikah di restoran juga pasti ikut naik setiap tahunnya, pastikan sebelum membayar kamu mendapatkan kepastian bahwa harga tidak akan naik lagi. Pasalnya, ada restoran yang tetap akan menetapkan kenaikan harga meskipun sudah ada perjanjian sebelumnya. Tentu saja ini akan merugikan kita karena harus membayar lebih dari yang seharusnya.

Kamu juga harus menanyakan ke manager restoran kira-kira kapan harga akan naik. Kalau kamu menikah pada awal tahun, biasanya akan naik pada pertengahan tahun. Sedangkan kalau menikahnya pertengahan tahun, biasanya harga akan naik pada akhir tahun. Informasi seperti ini memang kecil, namun sudah pasti akan menghemat budget kamu untuk menikah di restoran.

 

Privasi Menikah di Restoran & Tempat Parkir

Hal terakhir yang perlu di perhatikan adalah, bagaimana keadaan privasi pada saat kamu menikah di restoran dan kesediaan tempat parkir. Dua hal ini penting, mengingat restoran merupakan tempat publik yang bisa di datangi semua orang. Bagaimana privasinya? Apakah restoran akan di tutup seharian penuh untuk pernikahan kamu? Atau sama sekali tidak ditutup? Karena misalnya begitu, budget untuk sekian orang dapat membludak karena ada tamu yang tidak di undang.

Kesedian tempat parkir pun biasanya dilupakan oleh pasangan yang ingin menikah di restoran. Padahal, tempat parkir yang mudah merupakan salah satu impresi utama dari tamu undangan. Rasanya kasihan jika tempat parkir di restoran tidak memadai, sehingga para tamu undangan terpaksa berjalan jauh. Jika dirasa kurang memadai, tanyakan pada pihak restoran bagaimana solusinya.

 

Baca Juga : Cari Tempat Resepsi Murah? Cek 4 Tempat Pernikahan di Area Publik Ini!

 

Memang, rasanya kurang ‘pas’ jika menikah di restoran. Belum lagi jika kamu sudah bermimpi ingin menikah di gedung atau di outdoor, dilaksanakan pada malam hari dan penuh bintang. Tapi tenang saja, menikah di restoran tidak seburuk yang kamu kira kok. Banyak pasangan yang malah bersyukur karena dengan menikah di restoran, mereka menjadi lebih hemat. Tamu undangan pun lebih puas, karena terasanya lebih intim dan dekat. Nah, sudah hilang kan keraguan untuk menikah di restoran?

 

 

Share the Post

About the Author

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: