Tips Memilih MakeUp Artist Untuk Pernikahan

wedding makeup

Tips Memilih MakeUp Artist Untuk Pernikahan

Tips Memilih MakeUp Artist Untuk Pernikahan

makeup artistTempat resepsi sudah dipesan, catering sudah fix, desain kartu undangan sudah jadi dan siap dikirim. Tapi bagaimana dengan pilihan make-up artist? Bagi pengantin wanita, make-up yang luntur dan tidak sempurna pada saat acara pernikahan merupakan momok yang menakutkan. Belum lagi jika make-up artist tidak mengerti dengan gaya yang pengantin wanita inginkan, atau bahkan make-up yang dipakaikan tidak sesuai dengan tema dan warna acara. Untuk itu, silahkan baca tips dibawah ini agar anda tidak salah memilih make-up artist untuk acara pernikahan anda!

tehnik menulis artikelRiset

Sebelum anda memutuskan untuk memilih make-up artist, ada baiknya anda membuat beberapa list make-up artist yang sekiranya bisa anda gunakan. Buatlah list 5 hingga 10 orang yang menurut anda cocok, dan kemudian riset tentang pekerjaan mereka. Mulai dari bagaimana mereka bekerja, lihat portofolionya, berapa tarif yang dipasang, bagaimana gaya make-up nya, ketersediaan waktunya, hingga peralatan yang digunakan. Setelah anda melakukan riset, kurangi sedikit demi sedikit list yang anda punya. Buat menjadi 2 atau 3 orang yang menurut anda paling potensial. Kemudian lihat testimonial dari pelanggan-pelanggan make-up artist tersebut untuk melihat tingkat profesionalitasnya. Dengan melakukan riset kecil seperti ini, anda menjadi tahu apa yang anda inginkan dari make-up artist tersebut.

Lakukan Pertemuan

Sebelum anda membuat kontrak dengan make-up artist, mintalah satu pertemuan terlebih dahulu untuk sekedar ngobrol-ngobrol tentang tema acara pernikahan hingga gaya make-up yang anda inginkan. Pada saat anda bertemu dengan make-up artist ini, pastikan anda merasa ‘klik’ secara emosi dan personal. Lihat bagaimana sikap dan attitude dari make-up artist tersebut. Ini penting untuk dilakukan, karena acara pernikahan anda akan berjalan lancar jika semua elemen didalamnya saling terkoneksi dan saling membantu.

save the dateBooking

Jika keinginan anda dapat terakomodir oleh kualitas sang make-up artist, segera booking make-up artist tersebut. Jangan menunda-nunda dengan alasan mencari yang lebih baik, bisa jadi anda menyesal karena make-up artist ini sudah keduluan di booking orang lain. Saat menawarkan kontrak, jelaskan sedetail-detailnya tentang apa saja service yang anda inginkan, mulai dari proses perencanaan pernikahan hingga hari-H.

Lakukan Percobaan

Lakukan percobaan sebelum hari-H dilaksanakan agar make-up artist paham dengan bentuk wajah yang akan ‘dirombak’, dan juga agar anda tahu lebih dalam bagaimana gaya dan style make-up yang ingin anda aplikasikan pada hari-H. Dengan melakukan percobaan ini, make-up artist yang anda gunakan akan semakin paham dengan apa yang anda inginkan sehingga pada saat hari-H tiba, dia bisa bekerja tanpa perlu banyak perbaikan.
Setelah anda melihat proses menyewa make-up artist diatas, ada beberapa hal-hal kecil namun sangant penting yang harus diperhatikan oleh anda. Jika anda luput dari hal-hal kecil ini, ada kemungkinan anda akan menyesal menyewa make-up artist yang akan anda pakai :
Jangan Gunakan Baju Berwarna
Pada saat anda melakukan percobaan dengan make-up artist yang anda sewa, gunakan baju warna putih polos untuk melihat secara efektif bagaimana make-up yang diaplikasikan kepada anda bekerja. Baju warna putih akan membuat anda semakin fokus pada wajah anda, dan anda akan melihat lebih detail make-up dan teknik-teknik yang digunakan pada anda.

Lakukan Pada Siang Hari
Sebaiknya, waktu percobaan dengan make-up artist yang anda sewa dilakukan pada siang hari. Hal ini untuk melihat sisi naturalitas dari make-up yang anda pakai jika terkena sinar matahari langsung. Walaupun acara pernikahan anda akan dilakukan malam hari atau di dalam gedung, hal ini harus tetap dilakukan dan diperhatikan agar mencegah pengaplikasian make-up yang terkesan terlalu dibuat-buat dan tidak terlihat alami.

Jangan Terlalu Melihat Trend
Untuk urusan make-up, anda tidak boleh terlalu melihat trend yang ada sekarang. Make-up merupakan suatu hal yang sifatnya sangat personal dan benar-benar tergantung dari individu itu sendiri. Ada baiknya jika anda hanya fokus pada kelebihan dan kekurangan wajah anda, agar make-up artist bisa bekerja dengan optimal. Jika anda memaksakan tren pada wajah anda, bisa jadi tren tersebut tidak cocok dengan kontur wajah anda yang akhirnya malah membuat make-up yang anda gunakan terlihat aneh dan tidak natural.

Sesuaikan Dengan Budget
Gunakan make-up artist yang sesuai dengan budget yang anda punya. Jangan memaksakan untuk menggunakan make-up artist yang sangat professional dengan tarif yang sangat mahal jika anda tidak punya budget yang cukup besar. Jika anda memaksakan budget yang sangat besar untuk urusan make-up artist ini, salah-salah biaya pernikahan anda akan membengkak terlalu besar. Meskipun harga tidak berbohong, tetap gunakan make-up artist yang sesuai dengan budget yang anda punya. Toh pernikahan bukan sepenuhnya tentang make-up yang anda gunakan, bukan?

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan pada saat mencari make-up artist yang akan anda pakai untuk acara pernikahan anda.  Perlu diingat, make-up artist hanya sebuah elemen yang harus anda perhatikan untuk acara pernikahan anda. Masih banyak elemen-elemen lain yang lebih penting dengan prioritas utama yang harus anda pikirkan. Karena itu, jangan terlalu dalam memikirkan make-up artist yang akan anda gunakan. Semoga anda dapat menemukan make-up artist dengan tepat!

 

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: