Ingin Membuat Kartu Undangan Hitam Putih? Cek Dulu 5 Tips Berikut Ini!

Kartu Undangan Hitam Putih

Ingin Membuat Kartu Undangan Hitam Putih? Cek Dulu 5 Tips Berikut Ini!

Ingin Membuat Kartu Undangan Hitam Putih? Cek Dulu 5 Tips Berikut Ini!

By Rani Yustita


Kartu undangan hitam putih tidak akan pernah sepi peminat karena sifatnya yang misterius, unik, dan berkelas.


Ya, banyak sekali orang-orang yang merasa kartu undangan hitam putih merupakan jenis warna yang cocok untuk dipakai. Mereka merasa warna kontras hitam dan putih menciptakan sensasi elegan tersendiri yang dibalut sisi misterius, unik, dan berkelas. Apalagi jika kartu undangan pernikahan nya menggunakan desain yang modern, efek elegannya akan bertambah berkali-kali lipat.

Namun tidak hanya itu, kartu undangan hitam putih ini bisa dibuat agar terlihat sederhana dan simpel, tidak rumit. Banyak pasangan yang menginginkan kartu undangan yang sangat simpel dan minimalis, karena mereka ingin acara pernikahannya terlihat sederhana namun tetap berkelas.

Apakah kamu menginginkan hal yang sama, seperti membuat kartu undangan hitam putih yang sederhana dan berkelas? Kalau begitu, kami disini akan memberikan beberapa tips buat kamu yang ingin membuat kartu undangan hitam putih yang unik dan berkelas!

Tetapkan Kesan Yang Ingin Ditampilkan

Kartu Undangan Hitam Putih

Meskipun terlihat gampang, mengkombinasikan desain dan warna pada kartu undangan hitam putih tidaklah mudah. Komposisi dan keseimbangan yang tidak pas malah akan memberikan kesan yang salah dari apa yang di inginkan. Karena itulah, sebelumnya kamu harus menetapkan terlebih dahulu kesan seperti apa yang ingin di tampilkan. Apakah ingin memberikan kesan yang minimalis dan berkelas? Sederhana dan unik? Atau ingin memberikan kesan elegan dan berkelas?

Perlu kamu ketahui sebelumnya, bahwa secara psikologis warna hitam akan ‘berbicara’ dan memberikan kesan yang kuat dan berat. Warna hitam merupakan warna yang serius, karena itu warna ini tidak boleh terlalu mendominasi kartu undangan pernikahan. Sedangkan warna putih merupakan warna yang menyimbolkan aman, suci, dan tentram. Terlalu banyak warna putih pada kartu undangan pernikahan sebenarnya bisa dilakukan, namun kesan elegan dan berkelas akan berbeda jika dibandingkan bila dicampur dengan warna hitam.

 

Klasik, Modern, Atau Minimalis?

undangan pernikahan steeve - chrisantia

Tips selanjutnya adalah memilih tema yang akan kamu gunakan sebagai dasar kartu undangan pernikahannya. Tema ini penting, karena selain akan menentukan kesan yang ingin di tampilkan namun juga akan berpengaruh pada total harga yang harus dibayar.  Biasanya, tema yang digunakan pada kartu undangan hitam putih adalah tema klasik, modern, dan minimalis.

Tema klasik ini akan biasanya akan banyak menggunakan border-border bermotif floral yang besar, disertai dengan jenis font yang melengkung. Kombinasi dari motif border dan jenis font ini akan menciptakan kesan yang elegan dan berkelas khas jaman dulu.

Sedangkan tema modern lebih fokus kepada desain yang garis lurus, kombinasi yang tidak terlalu kontras dan lebih fokus pada warna ketimbang tulisan. Jenis font yang dipakai pun biasanya lebih modern, tanpa lengkungan dan terlihat tegas pada saat di baca. Tema ini akan memberikan kesan yang elegan, namun modern dan sedikit futuristik.

Tema minimalis ini bisa dibilang unik, karena tema ini lebih mengedepankan sisi tulisan ketimbang warna. Secara garis besar, tema ini biasanya fokus pada typography atau jenis dan penempatan tulisan pada kartu undangan. Komposisi besar huruf, jenis huruf, penempatan huruf dan warna huruf akan sangat menentukan apakah kartu undangan tersebut minimalis atau tidak.

 

Berkreasi Dengan Pola dan Desain

Kartu Undangan Hitam Putih

Meskipun kartu undangan hitam putih ini memiliki kesan yang serius, bukan berarti kamu tidak bisa berkreasi. Malah sebaliknya, kamu harus berkreasi pada pola dan desain kartu undangan pernikahanmu agar terlihat menarik walaupun hanya memiliki 2 tone warna. Kamu bisa melihat beberapa pola-pola desain hitam putih yang populer dengan menggunakan internet. Pada tahun 2017 ini, pola geometric seperti gambar di atas akan menjadi populer karena lebih terlihat modern, unik namun tetap berkelas.

 

Sederhanakan Aksesoris Kartu Undangan Hitam Putih

Kartu Undangan Hitam Putih

Seperti kamu lihat, kartu undangan hitam putih yang berkelas tidak banyak membutuhkan aksesoris dan tulisan-tulisan. Cukup satu buah pita berwarna hitam putih dan amplop hitam pekat, kartu undangan ini terlihat sangat berkelas dan elegan.  Kamu juga bisa membuat logo inisial bersamaan dengan pasangan agar perhatian tamu undangan langsung fokus.

Selain itu, jenis huruf yang dipakai juga harus disesuaikan dengan jenis logo, tema, dan aksesoris yang dipakai. Ukuran dari huruf sebisa mungkin tidak terlalu kecil, dan penempatan kata-kata tidak terlalu banyak pada satu halaman. Apabila terlalu rapat dan terlalu banyak, kesan mahal dan berkelas akan hilang dan tidak terasa.

 

Pilih Bahan Yang Sesuai

undangan pernikahan putri-andre

Tentu saja, untuk mendapatkan kesan kartu undangan hitam putih yang elegan dan berkelas tidak cukup hanya dari desain saja. Bahan yang digunakan pun harus mendukung, baik dari ketebalan ataupun dari tekstur. Untuk mendapatkan kesan yang mahal, kamu bisa menggunakan bahan beludru berwarna hitam pekat agar warnanya lebih keluar. Aksen foil perak atau gold juga bisa kamu gunakan untuk menambah kesan ekslusif.

Namun perlu di ingat, bahan beludru dan foil ini akan membuat budget kartu undangan hitam putih kamu membengkak. Jika tidak mempunyai dana yang besar, lebih baik tidak usah memaksakan. Kamu masih bisa membuat kartu undangan hitam putih yang bagus meskipun dengan budget ringan. Artinya, kamu harus membuat desain semenarik mungkin yang bisa dibuat menggunakan bahan kertas seperti pada umumnya.

 

Baca Juga : 5 Tips Membuat Kartu Undangan Pernikahan Penuh Warna Yang Ceria!

 

Demikian beberapa tips dalam membuat kartu undangan hitam putih! Sebenarnya, kalau kamu kreatif-imajinatif dan pandai mencari inspirasi di internet, desain kartu undangan hitam putih ini sangat mudah didapatkan. Kombinasikan beberapa desain kartu undangan yang kamu lihat di internet, mulai dari desain, komposisi warna, jenis tulisan hingga aksesoris yang dipakai. Bebaskan dirimu dalam berkreasi, siapa tahu kamu bisa menjadi trendsetter dalam membuat kartu undangan hitam putih!

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: