Cari Tempat Resepsi Murah? Cek 4 Tempat Pernikahan Di Area Publik Ini!

Tempat Resepsi Murah

Cari Tempat Resepsi Murah? Cek 4 Tempat Pernikahan Di Area Publik Ini!

Cari Tempat Resepsi Murah? Cek 4 Tempat Pernikahan Di Area Publik Ini!

By Rani Yustita

Untuk mencari tempat resepsi murah, tidak semudah seperti tahun-tahun sebelum nya. Banyak pasangan yang enggan menikah di hotel di gedung lantaran harga yang terlampau mahal.


Pada awal tahun 2017 ini, pasangan yang akan menikah di pertengahan tahun sedang dilanda panik dan rasa gundah gulana. Pasalnya, harga-harga pasti akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Mulai dari harga catering, dekorasi, kartu undangan pernikahan, hingga tempat resepsi murah pun akan naik harga nya. Yang memiliki banyak sokongan dana mungkin masih bisa bernafas lega, namun bagaimana dengan pasangan yang biaya nikah nya pas-pasan?

Ya, dilema seperti ini memang akan selalu terjadi setiap tahun nya. Dimana pasangan yang memiliki budget yang pas kesulitan mencari tempat resepsi murah, belum lagi menyoal catering dan dekorasi. Pilihan antara gedung dan hotel pun dirasa terlalu mahal, dimana paket paling murah yang ditawarkan bisa lebih dari 50 juta. Restoran mungkin bisa menjadi pilihan, namun tetap harus sesuai dengan ‘pesanan’ orang tua dan jumlah tamu undangan yang akan datang.

Nah buat kamu yang lagi bingung mencari tempat resepsi murah, jangan khawatir! Kami disini akan memberikan 6 tempat pernikahan di area publik yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif pilihan. Tempat-tempat ini biasanya lebih murah dan luas karena memang diperuntukan untuk publik. Penasaran tempat apa saja? Simak terus artikel kami di bawah ini ya!

 

Taman Umum

tempat resepsi murah

Taman umum yang ada di kota kamu bisa saja dijadikan sebagai salah satu tempat resepsi murah yang cocok untuk kamu. Seperti di Jakarta misalnya, dimana TTRA atau Taman Terpadu Ramah Anak yang sekarang sudah di izinkan oleh gubernur untuk dijadikan sebagai tempat acara pesta pernikahan. Suasana taman yang rimbun dan penuh dedaunan dengan area yang luas pasti akan memberikan kesan tersendiri bagi para tamu undangan. Mereka lebih bebas dan lega untuk saling bercengkrama, begitupun juga bagi pengantin dan keluarga nya.

Tapi tentu saja, sebelum kamu berminta menjadikan TTRA atau taman publik sebagai tempat resepsi murah, kamu harus bertanya dulu soal syarat-syarat apa saja yang harus diperlukan. Biaya yang dikeluarkan pun harus di perhitungkan dengan matang, karena belum tentu fasilitas penting seperti toilet bisa disediakan.  Agar acara pernikahan di tempat resepsi murah ini berjalan dengan lancar, kamu sudah harus memiliki izin jauh-jauh hari sebelumnya. Izin disini pun bukan hanya dari aparatur daerah setempat saja, jika perlu minta izin hingga ke tingkat kotamadya dan juga kepolisian. Semakin lengkap izin yang kamu miliki, semakin tenang kamu akan menjalankan acara pernikahan.

Hutan Kota  Sebagai Tempat Resepsi Murah

tempat resepsi murah

Sama halnya seperti taman umum, hutan kota pun bisa dijadikan sebagai alternatif tempat resepsi murah meriah. Memang, tidak semua kota memiliki hutan kota seperti di Bandung dan Bogor. Tapi tetap saja, pada prinsipnya tempat publik seperti hutan kota pasti bisa menjadi salah satu alternatif tempat resepsi murah. Untuk di Taman Hutan Raya yang ada di Bandung sendiri, sudah banyak pasangan yang menikah disana dan mengaku cukup puas, walaupun katanya banyak aturan yang harus dipenuhi dan ditepati. Aturan seperti tidak boleh lewat jam sekian, tidak boleh menyetel musik terlalu keras, hingga senantiasa menjaga kebersihan memang umum di ingatkan. Pasalnya, taman tempat resepsi murah ini merupakan tempat publik yang harus selalu di jaga dan dirawat agar semua orang tetap merasa nyaman.

Gedung Milik Pemerintah Setempat

tempat resepsi murah

Setiap pemerintahan setempat baik tingkat kota maupun tingkat kecamatan pasti memiliki aset gedung serba guna. Gedung ini biasanya hanya dipakai pada acara-acara tertentu, seperti acara seremonial, penyambutan tamu dari luar kota, ataupun acara penting lainnya. Nah, karena gedung semacam ini jarang digunakan, kamu bisa menjadikannya sebagai salah satu alternatif tempat resepsi murah. Biasanya harga gedung ini tidak akan terlalu mahal, areanya yang cukup besar, dan akses masuk serta tempat parkir yang memadai. Tapi ini semua masih tergantung bagaimana pemerintah merawat dan menjaga gedung serba guna tersebut.

Kalau kamu ingin menggunakan gedung tempat resepsi murah ini, ada baiknya kamu ‘kenalan’ dulu dengan PNS yang bekerja di pemerintahan setempat. Kenalan kamu ini akan memberikan informasi-informasi yang berharga tentang bagaimana kondisi dan kelayakan dari gedung tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui persyaratan-persyaratan dan orang-orang yang bertanggung jawab mengurus gedung tersebut.

 

Sekolah

tempat resepsi murah

Mungkin sekolah bukanlah 100% tempat publik, namun nyatanya sekolah merupakan salah satu tempat yang digunakan oleh orang banyak. Di luar negeri, sudah tidak aneh lagi jika acara pernikahan dilaksanakan di sekolah. Tempat ini biasanya dipilih oleh pasangan yang memiliki kenangan mendalam bersama-sama tentang sekolah yang mereka tempati. Sedangkan di Indonesia sendiri, pernikahan yang dilaksanakan di sekolah masih sangat jarang. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapatkan loh!

Kamu bisa mendapatkan tempat resepsi murah dengan luas yang cukup besar. Bila masih bingung untuk memilih tema pernikahan, gunakan saja tema sekolah! Manfaatkan ruangan-ruangan kelas untuk berbagai keperluan, seperti untuk tempat photobooth atau bahkan stall-stall makanan ringan. Lapangan yang ada di depan kelas bisa kamu jadikan sebagai center stage, entah itu sebagai lantai dansa atau tempat pelaminan.

Baca Juga : 7 Inspirasi Pernikahan Bertema Rustic Yang Hangat dan Unik

 

Demikian beberapa informasi tentang tempat resepsi murah yang menggunakan area publik. Sebenarnya, kalau kamu punya link orang dalam segalanya dapat lebih mudah. Mulai dari perizinan, keamanan, hingga fasilitas dapat di perlancar persiapannya. Tapi kalaupun tidak punya, harga yang ditawarkan pun biasanya bersaing atau lebih murah dari tempat konvensional seperti hotel atau gedung. Selamat hunting tempat resepsi murah!

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.