SUAMI TAAT PADA ISTRI

my little family

SUAMI TAAT PADA ISTRI

SUAMI TAAT PADA ISTRI

Sesungguhnya hal yang bahagia itu terkadang sulit dilakukan, namun tanpa kita sadari kebahagiaan akan muncul dengan sendirinya jika hidup kita jalani dengan tawakal, sabar, dan ikhlas. Maka Allah akan memberi kita kebahagiaan yang luar biasa. Dalam hal ini masih banyak lagi tentang kebagahian yang bisa kita rasakan, seperti halnya orang yang sudah menjalin kasih sampai akhirnya menikah dan sah menjadi suami istri, betapa bagahianya mereka sudah menjadi satu atap tinggal bersama, melakukan sesuatu bersama dan lain sebainya.
            Sebagai pasangan suami istri, kita harus saling percaya dan mengerti. Biasanya yang harus taat yaitu istri kepasa suaminya, tetapi kali ini yang akan dibahas adalah “Suami Taat pada Istri”. Seharusnya istri menaati apa yang suami inginkan, tapi sebagai seorang isrti juga perlu ditaati oleh suami, karna tanpa istri mungkin suami tidak ada yang membuat makanan atau menyiapkan semua yang suami perlukan. Sudah menjadi kewajiban seorang istri untuk melayani suaminya, dan suami juga harus taat pada istrinya dan menyayangi dengan seluruh jiwa raganya.
Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ
“Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi no. 1161 dan Ibnu Majah no. 1854. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Kemudian ada hadist juga dari ‘Abdurrahman bin ‘Auf, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ
“Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.” (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dengan begitu ketaatan seorang istri, maka akan harmonis dan terus lenggeng hubungan kedua pasangan tersebut. Hal in sangat membantu dan pengaruh untuk kehidupan dunia dan akhirat. Islam yang taat suami itulah yang dianggap wanita terbaik. Nah dengan begitu sang suami juga taat pada sang Istrinya sendiri. Walaupun hukumnya tidak begitu menjadi kewajiban, tetapi jika ingin menjadi suami yang tangguh dan baik renungkanlah penjelasan yang sudah dipaparkan.

 

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: