Ingin Membuat Kartu Undangan Yang Elegan? Cek 5 Rahasianya Disini!

Kartu Undangan Yang Elegan

Ingin Membuat Kartu Undangan Yang Elegan? Cek 5 Rahasianya Disini!

Ingin Membuat Kartu Undangan Yang Elegan? Cek 5 Rahasianya Disini!

By Rani Yustita

Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral, dan banyak orang ingin menggunakan kartu undangan yang elegan sebagai simbolnya.


Banyak orang yang menganggap bahwa pernikahan merupakan suatu yang sakral, dan harus dilakukan dengan sangat serius. Setiap elemen pernikahan harus memiliki arti dan nilai tersendiri, yang mengesankan pernikahan akan berlangsung khidmat dan indah. Mulai dari tema dan dekor tempat resepsi, hingga kartu undangan yang elegan.

Namun ternyata, masih banyak orang awam yang masih bingung bagaimana cara membuat kartu undangan yang elegan. Apalagi yang tidak tahu menahu tentang dunia desain, pasti menyerahkan semuanya pada vendor kartu undangan pernikahan. Padahal, kalau kita tahu bagaimana desain kartu undangan yang elegan, tema acara akan lebih tersampaikan pada tamu undangan. Nah buat kamu yang ingin tahu bagaimana membuat kartu undangan yang elegan ini, yuk dilihat 7 tips rahasia di bawah!

Bagaimana Tipe ‘Elegan’ Yang Kamu Mau?

Kalau kamu pernah melihat bagaimana seorang fotografer bekerja dan melihat hasilnya, terlihat sangat mudah bukan? Begitu pula dalam membuat kartu undangan yang elegan. Meskipun terlihat mudah, namun ternyata dibutuhkan skill dan pengetahuan tentang komposisi desain yang luas. Kesan kartu undangan yang elegan didapat dari hampir semua elemen di dalamnya, seperti bahan yang digunakan, desain, dan warna.

Untuk membuat kartu undangan yang elegan, sebelumnya kita harus mengetahui ‘elegan’ seperti apa yang kita mau? Apakah ‘elegan’ yang mengesankan kemewahan? Futuristik? Simplisitik? Sophisticated? Atau malah kamu bertambah bingung karena sebenarnya tidak tahu-menahu bahwa elegan mempunyai banyak tipe?

Jangan panik, hampir semua orang yang awam di dunia desain mengalami hal ini. Jika ini terjadi, tanyakan ini pada diri kamu sendiri : “Kalau saya jadi tamu undangan pernikahan ini, kesan apa yang ingin saya dapatkan?”. Tuliskan pada secarik kertas setiap kesan yang kamu ingin dapatkan, dan jelaskan pada vendor kartu undangan pernikahan yang kamu pilih. Hal ini akan membuat desainernya semakin mengerti kemauan kamu, yang akhirnya akan membuat kartu undangan yang elegan dan pas di hati. Kalau kamu bingung mencari inspirasi, kamu bisa lihat beberapa kartu undangan pernikahan elegan yang kita punya disini

 

Simple itu Berkelas

Kartu undangan yang elegan

Ya, tidak dipungkiri bahwa sesuatu yang simple dan sederhana kadang dipandang sebagai sesuatu yang berkelas. Untuk membuat kartu undangan yang elegan, desain yang dipakai harus dibuat simple namun menarik. Desain ini biasanya akan menunjukan kesan sophisticated, yaitu sederhana namun tetap berkelas. Kartu undangan yang elegan tidak memiliki banyak campuran warna, banyak border atau aksesoris.

Sesuatu yang elegan dan berkelas akan langsung terlihat oleh mata, dan bisa membuat seseorang fokus pada pesan yang disampaikan. Kalau kamu ingin membuat kartu undangan yang elegan, jangan menggunakan desain yang rumit dan sulit untuk ‘dicerna’ oleh mata. Gunakan garis-garis sederhana yang tebal, dan hindari penempatan tulisan yang terlalu kecil dan sulit dilihat. Jangan lupa, cover kartu undangan pernikahan kamu pun harus bebas dari tulisan terlalu kecil.

 

Warna Pada Pandangan Pertama

http://thebrandgals.com/wp-content/uploads/2015/01/30-2721-product/elegant-1.png

Warna pada kartu undangan pernikahan merupakan elemen yang akan dilihat pertama kali. Elemen warna ini akan menentukan kesan pada kartu undangan yang elegan, walaupun seseorang belum melihat isi undangan tersebut. Bisa dibilang, warna pada kartu undangan pernikahan ini merupakan impresi pertama yang didapat oleh si penerima.

Untuk membuat kartu undangan yang elegan dan berkelas, gunakan warna-warna gelap dan tidak mencolok. Pilihan warna seperti abu, hijau tosca, biru tua atau campuran hitam dan putih dapat memberikan kesan yang ‘mahal’ dan mewah. Kartu undangan yang elegan juga memiliki campuran warna yang simple, mudah dilihat, dan nyaman di mata.

 

Typography Menentukan Segalanya

fonts

uppereasttall

Selain elemen warna, tipe font yang digunakan dapat membedakan mana kartu undangan yang elegan dan mana yang tidaka. Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kesan elegan didapat dari desain yang simple dan warna yang tidak mencolok. Namun jika lupa memperhatikan tipe font yang dipakai, semuanya akan sia-sia dan malah memberikan kesan yang jauh dari elegan.

Banyak orang yang menganggap remeh typography ini, terutama orang awam yang tidak mengerti dunia desain sama sekali. Jenis font atau huruf yang ada pada cover undangan merupakan hal yang paling pertama dilihat. Semakin jelas terlihat, maka akan semakin jelas konsep dari acara pernikahannya. Untuk itu, hindari pemakaian font-font yang terlalu aneh dan sulit untuk dibaca, karena akan memberikan kesan yang berbeda.

 

Minim Aksesoris

undangan pernikahan uwie-mail

Rahasia untuk mendapatkan kesan kartu undangan yang elegan adalah tidak banyak menggunakan aksesoris. Seperti yang sudah kita jelaskan di awal, simple itu berkelas dan elegan. Bila kartu undangan di isi atau di tempeli dengan berbagai macam aksesoris, tidak akan memberikan kesan elegan. Yang didapat malah kesan terburu-buru, tidak niat dan kesan negatif lainnya.

Karena itu, gunakan aksesoris secukupnya pada cover kartu undangan pernikahan kamu. Bisa berupa pita, amplop undangan, atau bahkan tidak menggunakan aksesoris. Kalau kamu merasa cover undangan kamu kurang ramai, kamu bisa menambahkan beberapa aksen seperti foil yang timbul seperti contoh undangan di atas. Tidak ribet, enak dilihat, dan merupakan kartu undangan yang elegan bukan?

 

Baca Juga : Ini Dia Trend-Trend Pernikahan Yang Bakal Nge-hits Tahun 2017!

 

Bagaimana? Sudah jelas kan elemen-elemen apa saja yang sudah diperhatikan? Jika masih kurang jelas, kamu bisa berkonsultasi pada desainer kartu undangan yang kamu sewa. Utarakan apa yang ingin kamu inginkan dengan jelas, dan desainer tersebut pasti dapat mendesain dan membuat kartu undangan yang elegan.

 

 

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: