Penyebab Umum Batal Nikahnya Seseorang

penyebab pasangan batal menikah

Penyebab Umum Batal Nikahnya Seseorang

Penyebab Umum Batal Nikahnya Seseorang

akibat perceraianAda seorang pasangan yang siap untuk menikah, sudah memesan gedung untuk resepsi pernikahan, desain undangan sudah dipikirkan, sudah memulai memilih catering dan dekorasi. Sang wanita sudah membayangkan bagaimana indahnya membangun rumah tangga dengan sang pria, hidup bersama, saling berbagi hingga tua nanti. Namun suatu hari, terjadi sesuatu hal yang tidak terduga pada mereka : mereka batal menikah. Sang pria yang terlihat serius untuk menikahi sang wanita ternyata sudah memiliki keluarga! Sang istri dan sang anak dari pernikahannya terdahulu datang ke rumah sang wanita, dan mengungkap fakta menyakitkan bahwa sang laki-laki sudah pernah menikah bahkan sudah memiliki anak.
Apakah anda pernah mendengar cerita seperti ini? Terdengar seperti cerita sinetron atau film layar lebar bukan? Ternyata, hal ini bukan hanya fiksi belaka. Di kehidupan nyata, banyak orang-orang yang batal menikah karena hal seperti ini. Ada yang batal sebelum dilamar, ada juga yang batal pas sebelum hari pernikahan dimulai. Terdengar menyakitkan memang, namun inilah realita kehidupan yang harus dijalani. Apakah anda memiliki ketakutan batal menikah? Kami merangkum sedikit informasi tentang penyebab umumnya batal menikah seseorang, agar anda dapat melihat dan mengantisipasi kemungkinan terjadinya batal menikah. Selamat membaca!

women in bedPasangan Sudah Berkeluarga

Seperti yang sudah kami ceritakan di atas, salah satu penyebab batalnya seseorang menikah dikarenakan pasangan yang ternyata sudah memiliki keluarga (sudah memiliki suami/istri). Hal ini sering terjadi didaerah pinggiran dimana wanita-wanita yang ada susah untuk menikah, yang menjadikan mereka langsung mengiyakan jika ada yang mengajak menikah. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa hal ini juga terjadi pada kaum urban yang tinggal di perkotaan. Banyak wanita atau pria yang didatangi oleh seseorang dengan kualitas yang baik dan mapan, yang langsung memintanya untuk menikah. Tapi ternyata, orang tersebut sudah berkeluarga atau memiliki anak yang tidak diketahui sebelumnya.

Pernikahan yang sudah disiapkan sebelumnya harus segera disudahi karena sudah jelas tidak bisa dilakukan. Selain melanggar aturan dan ketentuan dari Undang-Undang Perkawinan, anda tidak mungkin menginvasi dan merusak pernikahan orang lain, betul?
Cek terlebih dahulu dengan detail masa lalu pasangan anda. Cek bagaimana background keluarganya, dan temui orang tua atau sanak saudaranya. Jika pasangan anda menolak dengan berbagai macam alasan, cari tahu penyebabnya dan segera cari solusinya. Salah salah, pasangan anda ternyata sudah berkeluarga dan anda akan dijadikan sebagai penyebab rusaknya rumah tangga seseorang.

usia-rawan-perselingkuhanPasangan Tidak Serius

Pasangan yang tidak serius untuk menuju ke tahap pernikahan juga merupakan salah satu alasan penyebabnya seseorang batal menikah. Biasanya, hal ini dialami oleh wanita yang pasangan prianya tidak serius untuk menikah. Apalagi jika sang wanita sudah masuk waktu injury time alias sudah berumur tua, tentu harus segera menikah bukan? Tapi ada kalanya pasangan pria yang ingin dinikahinya masih berada pada masa puber, alias masih ingin bermain-main dan mencoba hal-hal yang baru. Tipe-tipe pria yang ini belum bisa diajak untuk membuat komitmen jangka panjang.
Banyak kisah-kisah dari para wanita yang mengalami batal menikah karena pasangannya yang tidak serius. Ada yang tiba-tiba menghilang tanpa kabar saat diajak menikah, ada juga yang selalu bilang nanti dan nanti jika ditanya kapan menikah. Intinya, jika pasangan anda tidak serius atau banyak alasan untuk membuat komitmen jangka panjang, janganlah dulu membuat rencana pernikahan. Pernikahan membutuhkan keseriusan yang dalam antar pasangan, dan rumah tangga kedepannya tidak akan berjalan lancar jika pasangan anda tidak serius dalam menjalankannya.

masa iddahTerhambat Persetujuan Orang Tua
Siapa sih yang ingin mengecewakan orang tua? Orang tua kita yang sedari lahir sudah merawat dan membesarkan kita sudah tentu faham dengan keputusan mana yang baik dan mana yang buruk. Penilaian orang tua pun turut menjadi bahan pertimbangan bagi orang-orang yang ingin menikah dengan pasangannya. Bahkan kadang, penilaian orang tua lebih diutamakan dari penilaian calon pengantin itu sendiri. Hal inilah yang kadang menyebabkan batalnya menikah seseorang, karena terhambat persetujuan orang tua.
Orang tua selalu menginginkan yang terbaik bagi anaknya, termasuk pasangan yang akan dinikahinya. Mereka selalu melihat bibit, bebet, dan bobot dari calon pasangan hingga ke akar-akarnya. Namun adakalanya orang tua memiliki idealisme yang terlalu tinggi bertentangan dengan pilihan sang anak. Ada orang tua yang mengingkan pasangannya harus mempunyai gaji sekian, harus kerja di tempat tertentu, atau syarat-syarat lain yang kadang tidak ada di pasangan anaknya yang akan dinikahi.

Jika sang anak tidak mempunyai prinsip sendiri dan tidak berpegang teguh padanya, besar kemungkinan pernikahan yang akan terjadi batal dilaksanakan.

pesan moralnya: menikah berdasarkan desakan orang tua, atau ada faktor lain seperti pencarian keutungan secara ekonomi, balas budi dan lain lain bukanlah sesuatu yang bijak

so guys, apabila semua langkah dan persiapan kalian sudah matang, dan siap untuk menikah, kamu bisa

mengunjungi halaman di blog ini untuk memilih jenis undangan yg sesuai dengan tema acara kamu:

berbagai jenis undangan terbaik

 

author: Rani

/ Blog / Tags:

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: