Penyebab dan Alasan Pria Takut Menikah

pria takut menikah

Penyebab dan Alasan Pria Takut Menikah

Penyebab dan Alasan Pria Takut Menikah

Sudah lama mengikat janji tapi kenapa belum menikah juga? Sebenarnya faktor-faktor yang ditakuti seorang pria dalam menikah itu muncul dari dalam dirinya sendiri lho .

Ia takut ketika ia menikah maka akan terjadi ini, menanggung itu, belum bisa ini itu dan lain sebagainya. Nah, ketakutan itulah yang akan menyebabkan kalian kelamaan dalam hubungan pacaran. Ingat , seorang wanita juga butuh kepastian, jadi jangan tunggu lama-lama untuk melancarkan hubungan pernikahan kalian ya.

Banyak yang bilang bahwa menikah butuh modal, dan itulah salah satu faktor yang menjadikan banyak pria takut menikah. Tapi jangan salah , justru dengan menikah rezeki yang kalian peroleh itu akan semakin berkah lho. Oke, langsung saja kita bahas satu persatu mengenai penyebab pria takut menikah berikut ini:

1. Takut tergoda dengan wanita lain
Nah, seorang pria yang menjadikan alasan ini sebagai penunda pernikahan ini biasanya belum yakin dengan pasangannya. Sudah jelas bahwa ia takut akan tergoda dengan wanita lain ketika sudah memiliki ikatan dengan istrinya. Dan biasanya ia akan berusaha untuk meyakinkan dirinya sendiri sebelum ia benar-benar mengucapkan ijab qobul.

2. Masalah finansial
Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa kebanyakan pria ini takut akan masalah finansial. Dalam pernikahan ini bukan hanya masalah menyatukan kedua insan, tapi juga merupakan bentuk tanggung jawab yang penuh kepada istri dan anak-anaknya. Terbukti bukan hanya pria yang belum mapan saja yang mempermasalahkan finansial ini, tapi banyak pula lho seorang pria yang sudah mapan yang membuat alasan ini sebagai penunda pernikahan. Selain itu, ia juga masih berfikir mengenai biaya pesta pernikahan kelak. Mulai dari biaya gaun pengantin, dekorasi pernikahan dan lain sebagainya.

Selain itu ia takut bahwa ketika ia menikah nanti, rumah tangganya akan berantakan hanya karena masalah finansial. Maka dari itu ia akan berfikir ulang atas ajakan pernikahan ini.

3. Takut dengan penolakan orang tua
Banyak sekali pasangan-pasangan di luar sana yang masih backstreet alias hubungan yang tidak diketahui, termasuk diketahui orang tua kedua belah pihak. Nah, kebanyakan pasangan yang melakukan backstreet ini takut bahwa tidak akan mendapatkan restu dari orang tua. Ketika seorang wanita bertanya mengenai perkenalan kepada orang tua, ia akan selalu menundanya. Ia takut jika ia tidak diterima di keluarga sang kekasih. Jangan takut . Apa salahnya mencoba? Jika memang kalian belum mendapat restu, tunjukkan kelebihan kalian kepada calon mertua kalian dan pastikan bahwa kalian memang layak mempersunting anak perempuan mereka. Temui mereka dan minta izin kepada mereka bahwa kalian menyukai anak mereka. Seperti yang pernah saya jelaskan diartikel sebelumnya mengenai Tips Bertemu Calon Mertua.

4. Takut gagal berumah tangga
Nah, alasan ini juga banyak ditakuti pria yang belum menikah lho . Belum mencoba saja sudah merasa putus asa? Wah, jangan sampai ya . Ketika kalian menikah, maka kalian sudah memiliki sebuah kepercayaan bahwa kalian bisa menjadi seorang imam dalam rumah tangga. Kalian mampu memimpin dan membimbing keluarga kalian menuju rumah tangga yang bahagia. Maka dari itu, sebagai calon imam jangan pernah takut akan hal ini ya .

5. Belum ingin terikat
Rasa takut yang terakhir ini merupakan alasan yang sangat klasik . Memang tak bisa dipungkiri bahwa sebuah pernikahan ini akan memberikan suatu ikatan dan rasa tanggung jawab tersendiri. Berbeda ketika ia masih lajang, ia masih bisa melirik yang ini dan yang itu. Tapi ketika ia sudah menikah maka ia harus mampu menjaga hatinya. Ingat , pernikahan sangat berbeda dengan pacaran. Pernikahan ini juga merupakan sebuah janji kepada Tuhan ya. Jadi kalian tidak bisa menyepelekan ucapan ijab qobul kalian dulu.

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: