Mendidik Anak Agar Menjadi Sholeh dan Shalehah

olahraga-ayah-anak-4

Mendidik Anak Agar Menjadi Sholeh dan Shalehah

Mendidik Anak Agar Menjadi Sholeh dan Shalehah

menjaga keharmonisan keluarga

semua orangtua tentunya menginginkan anak yang mereka miliki tumbuh menjadi anak yang pintar, patuh pada semua perintah kedua orangtua, taat pada aturan agama dan memiliki akhlaq mulia seperti anak-anak yang shaleh dan shalehah.
 
tidak dapat lagi dipungkiri jika saat ini telah menjadi rahasia umum jika banyaknya anak memiliki perilaku yang menyimpang dari ajaran agama sehingga syariat-syariat agama tidak mampu mereka terapkan dalam kehidupannya. Hal ini tentu saja menjadi sebuah kekhawatiran yang harus segera diselesaikan dan dicari solusinya. Kehidupan seseorang tanpa dilandasi norma agama akan membuat kehidupan terasa seperti kehilangan arah. Begitu juga yang terjadi pada anak, sungguh amat disayangkan jika pendidikan agama tidak diberikan kepada si kecil sejak mereka masih berusia dini.
Orangtua mana yang tidak ingin memiliki buah hati yang shaleh dan sholehah. Untuk karena itu, orangtua harus memiliki perbekalan agar bisa memberikan pendidikan agama yang sempurna untuk anak-anaknya. Hal ini dikarenakan mendidik anak merupakan salah satu kewajiban dan tanggung jawab orang tua yang amat sangat penting.
salah satu cara yang dapat dilakukan para orangtua yang mendambakan memiliki anak-anak yang shaleh dan shalehah selain memberikan teori pendidikan dan praktik keseharian, juga dengan senantiasa harus dibarengi dengan panjatan doa kepada Sang Khalik. Dalam membesarkan anak dan dalam hal mendidik mereka, orangtua hendaknya menanamkan akidah dan akhlak yang baik yang sesuai dengan syariat beragama. Akidah dan akhlak yang baik merupakan jaminan kebahagiaan dan keselamatan hidup manusia, baik didunia maupun diakhirat.
mendidik anak agar menjadi shaleh shalehah
Hanya saja kedua hal ini tidak didapat dengan cara yang instant (langsung) dan tidak pula merupakan warisan genetik dari kedua orangtuanya. Perlu perjuangan yang panjang dan kerja keras dalam memberikan pendidikan yang baik terhadap anak agar keimanan tumbuh dalam diri mereka dan membuat akidah dan akhlak yang baik timbul dari dalam diri anak-anak.
 
Ada beberapa cara   dibawah ini :
A. Berikan Contoh yang Baik Kepada Anak
Seringkali besar harapan kita terhadap anak-anak agar mereka bisa tumbuh menjadi apa yang orangtuanya inginkan. Keinginan tersebut tentunya merupakan harapan dimana anak-anak mereka bisa menjadi seseorang yang berakhlak baik, berbudi pekerti yang luhur dan lain sebagainya. Hanya saja, harapan ini harus sebanding dengan apa yang ada dan terjadi dalam kehidupan nyata. Ketika anda menginginkan anak-anak yang shaleh, maka akan lebih baik jika kita memberikan contoh yang baik terhadap mereka. Jangan terus-tersuan mendikte anak menjadi seperti yang anda inginkan, jika kita sendiripun tak mampu menjadi panutan yang  baik untuk mereka.
Kecenderungan seorang anak ialah peniru, mereka akan meniru dan mengadaptasi semua hal yang terjadi dan mereka lihat dilingkungannya. Dengan memberikan contoh yang baik diharapkan anak-anak akan mampu mencontohnya dan mengaplikasikan perbuatan yang baik dalam kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu, dengan menjadi tauladan yang baik untuk anak-anak maka tidak ada alasan untuk mereka menolak perintah atau nasihat para orangtuanya.
 
B. Ciptakan Suasana Islami Melalui Lingkungan, Pendidikan dan Pergaulan
Salah satu faktor lain yang menunjang terbentuknya jiwa dan kepribadian shaleh dan shalehah pada diri anak ialah dengan membawa dan menciptakan suasana islami lewat pendidikan dan pergaulannya. Anak tentu tidak akan mengenal apa itu akidah dan bagaimana menjadi seorang anak shaleh jika pendidikan islami tidak diperkenalkan sejak dini.
Oleh Karna itu, ciptakan suasana dan suasana islami dalam dunia pendidikan dan lingkungan anak. Selain itu, hal ini juga akan mampu membangun karakter anak menjadi lebih baik. Untuk cara ini, misalkan ibu dan orangtua lain bisa mendaftarkan anak ke sekolah islam atau pondok pesantren. Jika anak-anak sering bergaul dalam lingkungan yang islami, maka insya allah setiap tutur kata dan perbuatan mereka akan lebih santun. Namun tentunya hal ini perlu diterapkan dan ditanamkan sejak dini.
 
C. Membangunkan Anak-anak Pada Waktu Subuh
Seseorang yang bangun diwaktu subuh seringkali diidentikan dengan orang-orang shaleh yang taat dalam hal beragama, bahkan orang dewasapun masih banyak yang sulit bangun diwaktu ini untuk melaksanakan shalat subuh. Untuk itu tidak ada salahnya biasakan anak untuk bangun diwaktu subuh dan segera tunaikan ibadah shalat subuh. Hal ini tentunya perlu dibangun dan dibiasakan saat anak masih berusia dini agar nantinya kebiasaan ini terbawa hingga mereka besar nanti.
Akan ada banyak rintangan yang mungkin ibu hadapi ketika menerapkan kebiasaan bangun subuh pada anak-anak, salah satu faktornya adalah tidak tega membangunkan mereka yang masih terlelap tidur atau bahkan si anak rewel karena masih mengantuk. Namun percayalah, jika dibiasakan perlahan namun pasti hal ini akan terasa lebih mudah.
 
D. Biasakan Anak-anak Untuk Selalu Membawa Peralatan Shalat
Shalat Lima waktu ialah ibadah yang wajib yang harus dilakukan setiap umat muslim diseluruh dunia yang tentunya jika salah satu waktunya dilewatkan maka akan menjadi dosa untuk mereka yang melakukannya. untuk menanamkan ketaatan beragama pada anak agar mereka tumbuh menjadi shaleh dan shalehah adalah dengan mengingatkan mereka untuk tidak melewatkan waktu shalat dimanapun mereka berada. Salah satu bentuk mengingatkan anak-anak untuk tidak melewatkan waktu shalat adalah dengan mempersiapkan peralatan shalat dan mengingatkan mereka untuk selalu membawanya bahkan saat mereka berpergian.
 
E. Mengajak Anak-anak Untuk Berwisata Islami
orangtua lebih senang membawa anak-anak mereka ke mall dan memperkenalkan berbagai macam hal baru pada anak-anaknya. Namun tanpa disadari wisata islami seringkali diabaikan karena kesenangan dunia yang begitu menggoda. Untuk itu mulailah merubah segala kebiasaan yang kurang berguna, dari pada terlalu sering mengajak mereka berwisata ke mall atau mengunjungi tempat-tempat wisata yang berharga mahal, ada baiknya jika bunda mengajak anak-anak berwisata islami seperti bersafari ke mesjid Selain memperkenalkan mereka pada sesuatu yang baru, hal ini akan semakin menumbuhkan kecintaannya terhadap agama dan ketaatannya kepada Tuhan.
 
F. Kenalkan Batasan Aurat Pada Anak-anak Sejak kecil
Pada Umumnya saat ini banyak anak yang memilih mengenakan model pakaian yang baru dan sesuai dengan perkembangan zaman tanpa memperdulikan syariat dan aturan berpakaian dalam Islam yakni dengan menutup aurat, maka tak heran jika saat ini banyak kita jumpai anak-anak berpakaian ketat, pendek dan bahkan tembus pandang. Hal ini tentunya tidak baik untuk anak-anak kita calon penerus bangsa. Untuk itulah, ajarkan pada anak batasan aurat sewaktu mereka berbusana.

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: