7 Langkah Mudah Membuat Kartu Undangan Pernikahan Unik

Membuat Kartu Undangan Pernikahan Unik

7 Langkah Mudah Membuat Kartu Undangan Pernikahan Unik

Editor : Rani Yustita

 7 Langkah Mudah Membuat Kartu Undangan Pernikahan Unik


Acara pernikahan merupakan salah satu jenis acara yang sangat spesial dan sakral. Setiap elemennya tidak boleh ada kesalahan, sehingga pengantin dan keluarga diharuskan untuk menyiapkan segala halnya dengan teliti. Mulai dari gedung resepsi, pemilihan catering, hingga desain dan pembuatan kartu undangan pernikahan unik.

Karena acara pernikahan ini begitu spesial, tidak jarang para pengantin ingin merasa ‘menjadi pasangan satu-satunya’, termasuk soal kartu undangan pernikahan. Dalam membuat kartu undangan pernikahan unik ini, semua orang berlomba menciptakan desainnya masing-masing dengan harapan bisa memukau para tamu undangan.

Nah, apakah kamu merasa sulit menemukan dan membuat kartu undangan pernikahan yang unik dan spesial? Jangan panik, kami akan memberikan 7 langkah mudah membuat kartu undangan pernikahan unik dan menarik!


 

1. Tetapkan Visi Pernikahan

Sebelum membuat kartu undangan pernikahan yang unik, kamu harus menetapkan terlebih dahulu apa visi dari kartu undangan pernikahan kamu. Visi ini bakal menentukan warna yang akan dipakai, kata-kata yang akan di tulis, dan desain keseluruhan kartu undangan pernikahan. Kesan apa yang ingin kamu dapat dari tamu undangan? Apa yang kamu dan pasangan ingin di capai dari pernikahan ini? Kata-kata apa yang paling menggambarkan kamu dan pasangan secara visual?

 

2. Membuat Rencana Desain

Tetapkan seberapa jauh kamu mau bereksperimen dengan desain kartu undangan pernikahan ini. Mulai dari warna, pola, hingga jumlah lapisan kertas yang dipakai. Perlu kamu ketahui, semakin kompleks desain kartu undangan yang kamu buat, maka akan semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan. Nah dalam membuat desain pertama, buatlah desain kartu undangan pernikahan yang unik namun sederhana, tidak kompleks, dan tentu saja murah. Kemudian, buat lagi satu desain yang sesuai dengan versi idealnya kamu, tidak peduli serumit apapun dan semahal apapun. Dengan begini, kamu akan mendapatkan komparasi antara desain, dan bisa menentukan mana yang paling optimal untuk digunakan pada pernikahan nanti.

 

3. Riset dan Survey

Jika undangan pernikahan kamu memiliki konsep yang tidak biasa, sangat penting menemukan vendor yang professional dan bisa mewujudkannya. Karena itu, kamu sering melakukan riset dan survey pada vendor-vendor penyedia kartu undangan pernikahan. Lihat portofolionya, gaya desainnya, dan bagaimana review dari pelanggan sebelumnya. Tidak usah takut untuk bertanya, bicarakan saja bagaimana desain kartu pernikahan undangan yang kamu pengen.

 

4. Buat Catatan Kecil

Nah, selagi kamu bertanya dan melakukan survey dan riset pada beberapa vendor kartu undangan, kamu juga harus tetap mencari desain-desain yang sesuai dengan yang kamu mau. Untuk mendapatkan contoh desain kartu undangan pernikahan unik, kamu bisa menggunakan internet dan mendatangi beberapa website art craft, seperti Etsy dan Pinterest. Ada ratusan dan ribuan inspirasi desain yang bisa kamu lihat, dan bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan desain impian kamu dari beberapa website ini.

 

membuat rencana kartu undangan pernikahan unik

 

5. Datangi Vendor

Kalau kamu sudah yakin dengan beberapa vendor yang mempunyai produk yang bagus dan professional, langkah selanjutnya adalah mendatangi vendor dan bertanya secara langsung. Lihat portofolionya secara langsung, dan bicarakan desain kasar yang kamu mau. Vendor yang professional biasanya akan memberikan beberapa saran dari portofolio yang mereka miliki, lengkap dengan ukuran dan banderol harganya. Namun perlu diingat, desain kasar yang kamu mau pun harus realistis agar vendor ini dapat dengan mudah membaca apa yang kamu inginkan.

 

6. Saling Bekerja Sama Dalam Membuat Desain

Agar kartu undangan pernikahan kamu gunakan memiliki desain yang unik, kamu harus saling bekerja sama dengan desainer vendor pakai. Kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh banyak orang adalah terlalu ikut campur dalam proses pembuatan desain, ataupun tidak mau ikut campur sama sekali. Padahal, desain yang benar-benar unik akan terbuat dari brainstorming dan kerjasama antara klien dan desainer.

Utarakan dengan jelas dan realistis apa yang kamu mau, dan tanyakan pada desainernya apakah perlu ditambahkan aksen atau tidak. Jangan juga terlalu menuntut desain anda harus 100% sesuai, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Saling bekerja sama saja, karena desainer kartu undangan pun biasanya sudah ahli memikirkan beberapa hal yang klien tidak terpikirkan, seperti kecocokan warna pada bahan, hingga tekstur bahan yang akan digunakan.

 

7. Tetapkan Deadline

Meskipun membuat kartu undangan pernikahan unik memang menyenangkan, jangan lupa juga bahwa masih banyak prioritas persiapan pernikahan lainnya yang harus di urus. Karena itulah, tetapkan deadline desain final kartu undangan pernikahan yang kamu buat, biar tidak mengganggu waktu persiapan lainnya.

Baca Juga : Tema Unik Untuk Foto Pre-Wedding

Bagaimana? Mudah bukan membuat kartu undangan pernikahan unik? Memang akan memakan waktu yang lama dalam menentukan desain dan menyiapkan bahan-bahan. Namun kalau kamu masih mentok soal inspirasi, kamu bisa kok lihat koleksi vendor-vendor undangan pernikahan seperti. Yuk dilihat disini!

 

7 Langkah Mudah Membuat Kartu Undangan Pernikahan Unik

/ Blog

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.