6 Inspirasi Acara Pernikahan Malam Hari Yang Unik Dan Menarik!

Pernikahan Malam

6 Inspirasi Acara Pernikahan Malam Hari Yang Unik Dan Menarik!

6 Inspirasi Acara Pernikahan Malam Hari Yang Unik Dan Menarik!

By Rani Yustita

Banyak pasangan yang menginginkan acara pernikahan malam hari, dengan langit penuh bintang bersama orang-orang yang disayang.


Hampir semua orang punya mimpi dan versi idealnya sebuah acara pernikahan yang akan dijalankan. Ada yang ingin menikah di luar negeri, ada yang ingin di pantai, dan ada juga yang menginginkan pernikahan malam hari. Salah satu alasannya adalah, waktu malam dinilai akan lebih membuat suasana lebih intim dan sakral. Dekorasi yang penuh dengan lampu-lampu pun akan membuat acara semakin indah.

Alasan lain kenapa banyak pasangan yang ingin pernikahan malam hari karena mereka ingin mendapatkan kesan yang berbeda. Karena memang jika kita lihat, kebanyakan orang menikah di pagi atau siang hari. Nah, apakah kamu juga berencana membuat acara pernikahan malam hari? Jika iya, kami punya 7 inspirasi yang bisa membantu kamu agar acara menjadi meriah, lancar, unik dan tentu saja menarik! Simak terus tulisan kami di bawah yah!

 

Gunakan Rangkaian Lampu Dengan Warna Hangat

Pernikahan Malam

Pernikahan malam hari jelas akan memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda bagi para tamu undangan. Apalagi jika dilakukan outdoor, pada saat cuaca cerah dan langit penuh dengan bintang. Serasa di alam mimpi bukan? Dan untuk membuat suasana lebih hangat, kamu bisa bermain dan berkarya dengan deretan lampu-lampu yang menerangi tempat resepsi.

Tapi bagaimana jika acara pernikahan malam hari ini dilakukan di indoor? Jangan panik, kamu bisa tetap berkreasi dengan lampu-lampu ini. Pudarkan lampu tempat resepsi kamu dengan cahaya semu, dan tambahkan rangkaian lampu-lampu berwarna lembut. Namun tetap buat tempat pelaminan kamu penuh cahaya, agar tahu dimana center stage dan para pengantin berada.

Backdrop Lampu Khusus Pernikahan Malam

Pernikahan Malam

Jika biasanya backdrop yang dipasang di pelaminan hanya berupa kain berwarna, kamu juga bisa menambahkan rangkaian lampu kecil sebagai aksen. Lampu-lampu ini akan menjadi sumber cahaya yang cukup terang, namun tetap memberikan suasana yang hangat. Perlu diingat juga, terlalu banyak menggunakan rangkaian lampu semacam ini malah akan memberikan kesan yang berbeda. Para undangan akan menjadi bingung karena terlalu banyak lampu, yang tentu akan membuatnya merasa tidak betah. Karena itu,

 

Pilih Tema Warna Yang Lembut

Pernikahan Malam

Untuk membuat kesan pernikahan malam yang lebih intim, sebaiknya gunakan warna yang lembut sebagai tema. Warna-warna seperti hijau muda, coklat muda, pink, krem, broken white atau warna pastel lainnya bisa dijadikan sebagai pilihan. Dan karena acara pernikahan dilaksanakan pada malam hari, hindari pemakaian warna yang terlalu terang atau terlalu gelap.

Agar tempat resepsi tidak terlihat terlalu membosankan, kamu bisa mencoba berkreasi dengan mencampur warna yang terang dengan warna lembut. Tema warna yang ini bisa kamu terapkan dan aplikasikan pada setiap elemen acara yang ada. Mulai dari sprei meja, aksesoris kursi, pajangan meja, hingga kartu undangan pernikahan.

 

Selipkan Acara Yang Intim, Unik dan Interaktif

Pernikahan Malam

Sebuah acara pernikahan haruslah memiliki suasana yang menyenangkan dan penuh canda tawa. Tidak ada yang boleh bersedih atau murung, karena sejatinya hari pernikahan merupakan hari yang bahagia. Karena itulah, kamu harus menyelipkan beberapa acara yang intim, unik, dan interaktif untuk para tamu. Tidak perlu yang susah dan rumit, cukup membuat para tamu bergerak dan tertawa bersama.

Apabila kamu ingin melaksanakan pernikahan malam secara outdoor, acara seperti gambar di atas sangat cocok untuk dilakukan. Para tamu akan diberikan beberapa sky lantern untuk diterbangkan bersama, melambangkan doa mereka kepada kedua pengantin. Namun bagaimana jika acara dilakukan di dalam ruangan? Kamu bisa mencoba games kecil-kecilan yang interaktif, atau lomba dansa ringan yang dijamin akan membuat semua orang tertawa.

 

Siapkan Snack Yang Banyak

Pernikahan Malam

Selain acara dan entertainment yang menghibur untuk para tamu, jangan lupa untuk menyiapkan snack yang banyak bagi para tamu. Acara yang dilaksanakan pada malam hari biasanya akan membuat tamu menyantap makanan yang lebih banyak. Selain makanan buffet yang sudah pasti disediakan, kamu juga harus menambah jenis snack ringan untuk hidangan para tamu. Kebanyakan para tamu pernikahan malam memang akan merasa lebih lapar, namun enggan mengkonsumsi makanan yang terlalu berat.

Jenis-jenis snack yang disediakan untuk pernikahan malam sebaiknya menggunakan kombinasi seimbang antara makanan manis dan asin. Snack kecil namun mengenyangkan seperti mini-burger, milk & cookies, atau baso tahu bisa menjadi pilihan. Jika masih bingung, tanyakan pada vendor catering yang kamu gunakan stall-stall apa saja yang sekiranya cocok untuk acara pernikahan malam hari.

 

Berikan Souvenir Unik Khas Pernikahan Malam

Pernikahan Malam

Inspirasi pernikahan malam yang terakhir adalah, memberikan souvenir khas pernikahan malam yang penuh dengan cahaya. Gambar diatas merupakan salah satu jenis barang ang bisa kamu pakai sebagai souvenir pernikahan malam kamu. Souvenir ini murah dan mudah dibuat, cocok buat pasangan yang tidak memiliki banyak budget. Cara membuatnya pun cukup mudah : kamu cukup siapkan sebuah jar kaca kosong, glowstick, dan kuas lukis. Setelah itu, patahkan glowstick hingga isinya keluar, dan mulai lukis dot kecil-kecil pada jar. Diamkan semalaman agar jar bisa bersinar pada kegelapan.

Kalau dirasa terlalu sederhana, kamu bisa memasukan cairan gelembung yang bisa bersinar dalam gelap, alias glow in the dark. Siapkan saja botol kecil, cairan gelembung, dan batang glowstick. Setelah itu campurkan isi glowstick dengan cairan gelembung hingga tercampur sempurna, dan jadilah gelembung glow in the dark. Isi botol kecil yang sudah disiapkan, kemudian taruh bersama peniup gelembungnya. Menarik bukan?

 

Baca Juga : Ingin Membuat Kartu Undangan Yang Elegan? Cek 5 Rahasianya Disini!

 

Tentu saja, ide-ide pernikahan malam hari yang sudah disebutkan di atas harus di imbangi dengan kemampuan budget kamu. Jangan memaksakan juga ingin 100% sesuai idealisme dan mimpi kamu, apalagi jika sampai berhutang kesana-kemari. Bicarakan dengan pasangan, bagaimana rencana budgeting untuk acara ini. Kalau ternyata mencukupi, maka silahkan berkreasi dalam membuat acara pernikahan malam.

 

Share the Post

About the Author

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: