Fakta dan Tips Untuk Anda Yang Susah Hamil

tes kehamilan

Fakta dan Tips Untuk Anda Yang Susah Hamil

Fakta dan Tips Untuk Anda Yang Susah Hamil

anemia ibu hamilMempunyai anak dalam rumah tangga bisa jadi merupakan salah satu tujuan sepasang kekasih memutuskan untuk menikah. Mereka ingin mengendong buah hati mereka, melihat bayi tersebut tumbuh besar, hingga hidup bersama hingga akhirnya bayi tersebut menjadi dewasa. Namun adakalanya keinginan untuk mempunyai anak ini terbentur oleh beberapa masalah, baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi lainnya. Banyak pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun belum juga dikaruniai anak. Mereka keheranan kenapa susah sekali mempunyai anak. Padahal, teman-teman mereka banyak yang baru menikah 1-2 bulan langsung bisa hamil. Apakah ada yang salah dengan tubuhnya atau pasangannya? Mengapa setiap orang berbeda-beda tingkat kesukarannya untuk hamil? Mari kita lihat sebuah fakta kenapa ada orang yang susah sekali untuk hamil

Alasan Medis
Untuk membuat seorang wanita hamil, seorang pria harus mengeluarkan sperma kedalam ovum sang wanita untuk membuahi telur yang akan menjadi embryo. Seorang laki-laki dapat mengeluarkan lebih dari 66 juta sperma, dan hanya butuh 1 (satu) sperma untuk membuahi sel telur. Artinya, jika satu sperma gagal untuk membuahi sel telur, masih ada 65.999.999 kesempatan lagi untuk sperma membuahi sang sel telur. Cukup banyak bukan? Namun kenyataannya, kesempatan yang sangat banyak tersebut kadang tidaklah cukup untuk membuahi sel telur. Belum lagi jika sang pria termasuk mandul alias infertile yang hanya memiliki 20 juta sel sperma yang sehat. Menurut National Institutes of Health, pria yang menderita kemandulan biasanya memiliki varicose veins atau pembuluh darah yang membengkak dan berbengkok-bengkok pada testikelnya yang akan merusak produksi sperma.
Belum lagi jika sang calon ibu yang memiliki masalah dalam siklus fertilitasnya. Ada penyakit Endometriosis, yang akan mempengaruhi siklus fertilitas pada wanita. Penelitian menemukan bahwa 25%~50%  wanita yang infertile mempunyai Endometriosis, dan 30%~40% wanita yang memiliki Endometriosis merupakan wanita yang mandul. Ada juga penyakit tentang infeksi rahim, masalah pada sistem reproduksi, ovarium yang berhenti menghasilkan sel telur dan berbagai penyakit lainnya.
Berbagai alasan medis bisa menjadi alasan utama sepasang suami istri tidak dapat hamil. Jika tubuh tidak sempurna atau terganggu dalam menjalankan tugas reproduksinya, hampir mustahil pasangan tersebut akan mempunyai anak.

depresiStress
Percaya atau tidak, stress dan kondisi emosional yang tidak stabil sedikit banyak akan mempengaruhi tingkat keberhasilan seorang wanita untuk hamil. Menurut penelitian dari beberapa sumber, wanita yang memiliki pekerjaan dengan tingkat stress yang tinggi mempunyai resiko yang paling besar untuk menderita kemandulan. Ironisnya, mereka lah yang paling vokal dalam membantah kondisi mereka yang sangat stress.
Untuk beberapa pasangan yang sudah lama mencoba untuk hamil, stress akan sangat mudah menghampiri. Awalnya, pasangan ini akan mulai dengan perasaan yang begitu antusias dan optimis. Namun setelah terus menerus mencoba, mereka mulai merasa stress dan capek karena sudah mencoba begitu banyak cara, namun tidak hamil-hamil juga. Sedikit informasi, seorang peneliti yang bernama Courtney Lynch, Ph.D melakukan penelitian dan menemukan bahwa orang yang tingkat stressnya tinggi memiliki 29% kemungkinan untuk susah hamil.

Tips Agar Cepat Hamil
Jika anda sudah mengetahui mengapa anda susah hamil, baik dari faktor medis maupun sisi psikis, segera berobat agar segera sembuh dan bisa cepat-cepat mencoba untuk hamil lagi. Kami juga mempunyai beberapa tips untuk anda yang bisa dipakai agar cepat hamil :

Minta Bantuan Medis
Jangan coba-coba untuk mengatasi penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh anda sendiri. Salah-salah, penyakit tersebut malah akan membesar atau bahkan menganggu bagian tubuh lainnya. Jika anda tidak memiliki masalah atau penyakit pada tubuh anda, tetap gunakan bantuan medis untuk segala macam tes guna melihat seberapa besar kemungkin anda untuk hamil. Lakukan juga check-up rutin pada kesehatan tubuh anda agar tetap sehat dan prima, sehingga memudahkan anda untuk mendapatkan kehamilan.

Rencakan Kehamilan
Rencakanan kehamilan dengan detail-detail yang harus diperhatikan. Mulai atur pola diet anda, olahraga teratur, kurangi banyak kafein, dan hilangkan semua kebiasan buruk seperti merokok dan minum minum-minuman keras. Mulai buat jadwal kapan anda haid, kapan anda berovulasi, dan kapan sebaiknya kehamilan akan dilakukan. Dengan melakukan ini, anda mempunyai bayangan yang jelas bagaimana rencana kehamilan anda dimasa depan.

Bantu Suami
Jangan lupa, kehamilan tidak akan terjadi jika suami tidak mengeluarkan sperma sebelumnya. Bantu suami untuk meningkatkan kualitas spermanya, agar lebih mudah untuk mendapatkan kehamilan. Berikan nutrisi tambahan seperti zinc, folic acid, calcium, dan bermacam-macam vitamin seperti Vitamin C dan D. Kurangi juga asupan rokok dan alcohol, dan coba untuk tetap menjaga berat badan yang ideal. Jika anda belum tahu, obesitas pun dapat mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma yang ada. Intinya, anda dan suami harus berada pada halaman yang sama dan terus membantu satu sama lain.

Timing Tepat
Jika anda sudah mengetahui jadwal dan waktu-waktu kapan ovulasi akan dimulai, anda dapat mencoba melakukan kegiatan seksual dengan suami anda pas pada saat waktu-waktu yang paling subur, yaitu sekitar tiga hari sebelum ovulasi dimulai. Secara teori, anda mempunyai waktu beberapa hari karena sperma bisa bertahan tiga sampai enam hari didalam tubuh, sedangkan sel telur hanya bisa bertahan sehari. Dengan menggunakan cara ini, kemungkinan anda untuk hamil pun bisa lebih ditingkatkan lagi.

Kehamilan sejatinya merupakan hal yang sangat dinanti-nanti oleh banyak pasangan. Meskipun terkadang sulit untuk mendapatkannya, kita tidak boleh berhenti berusaha dan harus terus tetap mencoba. Jangan lupa juga untuk terus berdoa kepada Tuhan agar diberikan momongan yang terbaik. Manusia boleh berencana, namun akhirnya Tuhan yang menentukan. Jika anda dan pasangan sudah diberikan kepantasan untuk memiliki anak, niscaya Tuhan pun akan memberikannya kepada anda. Tetap semangat!

author: Rani

 

 

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: