Detail Tambahan Penting untuk Pernikahan

wedding theme

Detail Tambahan Penting untuk Pernikahan

Detail Tambahan Penting untuk Pernikahan

Jika anda akan datang pada suatu acara pernikahan, anda sudah tahu sekiranya apa yang akan anda lihat dan dapatkan bukan? Mulai dari undangan pernikahan, makanan prasmanan, food stall untuk cemilan dan minuman, dekorasi untuk foto para tamu, dan souvenir mainstream yang biasa dipakai untuk acara pernikahan.


Tidak jarang juga anda sudah bisa menebak jalannya acara dan fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk para tamu undangan, baik dilihat dari sisi hiburan maupun makanan. Anda pun kadang merasa bahwa acara pernikahan bukan lagi suatu acara yang fun tapi lebih ke acara formalitas belaka yang akan terasa membosankan.


Yah, orang-orang jarang sekali merombak suatu acara pernikahan dengan suatu hal yang baru, unik, dan menyegarkan dengan berbagai alasan. Mulai dari takut acaranya tidak berjalan dengan lancar, menjaga sisi tradisi hingga orang tua yang tidak setuju dengan konsep pernikahan yang terlalu aneh. Padahal, jika anda memiliki suatu konsep unik dan segar tentu akan menjadi daya tarik sendiri bagi para tamu, dan anda memiliki kenangan yang tidak dimiliki oleh pasangan lain. Mau tahu fitur-fitur unik yang bisa anda gunakan pada acara pernikahan anda? Silahkan simak tulisan di bawah ini!

wedding cardDesain Kartu Undangan
Sebelum acara pernikahan dimulai, sudah tentu anda harus membuat kartu undangan terlebih dahulu. Biasanya, kartu undangan hanya bersifat kaku dan memiliki desain yang itu-itu saja, membosankan, dan terkesan terlalu formal. Padahal jika anda berani untuk bereksperimen dengan kartu undangan dan menciptakan desain yang tidak biasa, para tamu akan semakin tertarik untuk datang ke pernikahan anda.
Anda bisa bereksperimen dengan desain kartu undangannya, amplop kartu undangannya, cara kartu undangannya dilipat, cara kartu undangannya dibaca, kemasan kartu undangannya, atau bahkan tidak berbentuk kartu undangan sama sekali. Anda bisa melibatkan elemen-elemen yang tidak biasa dalam membuat kartu undangan, seperti dimasukan kedalam botol kaca, menggunakan tema paper craft hingga menambahkan barcode lokasi pada undangan annda. Semakin anda berani bereksperimen dan menciptakan kreasi anda sendiri, orang-orang akan semakin tertarik untuk datang ke acara pernikahan anda.

souvenir notesSuvenir Undangan

Lupakan suvenir undangan yang hanya bersifat estetis dan tidak memiliki nilai guna yang banyak. Lupakan juga suvenir undangan yang berharga mahal yang membuat anda harus berfikir dua kali untuk membelinya. Sekarang sudah zamannya dimana suvenir undangan memiliki nilai guna yang tinggi, tidak mahal, dan bukan hanya digunakan sebagai pajangan.
Beberapa ide untuk suvenir dengan nilai guna tinggi bisa anda gunakan, seperti set sendok-garpu-pisau, mug minuman, dompet, tanaman hidup, sabun organic, first aid kit, kacamata, pembuka botol, dan masih banyak lainnya. Intinya adalah, anda harus cekatan melihat benda-benda yang biasa digunakan sehari-hari, dan jadikan benda tersebut sebagai suvenir. Tidak usah takut dinilai aneh oleh para pengunjung, karena mereka semua akan berterima kasih untuk suvenir yang bisa mereka gunakan setiap harinya.

guest bookGuest Book

Guest Book biasanya berbentuk buku tebal dengan sedikit halaman, dan digunakan untuk mendaftar tamu yang datang. Setelah anda menikah, apakah anda akan melihat buku tamu yang besar, berat dan membosankan itu lagi? Banyak orang akan mengatakan tidak. Untuk itu, rubahlah bentuk guest book anda dengan ide-ide baru yang unik dan kreatif. Bahkan, jangan gunakan buku sama sekali.
Ada beberapa ide yang bisa anda gunakan untuk mengganti buku tamu, seperti potongan-potongan puzzle yang tamu anda akan tulis beserta doa yang ingin di panjatkan kepada sang calon pasangan. Atau anda bisa gunakan potongan jenga sebagai guest book anda, yang anda bisa tumpuk sebagai ‘tumpukan doa’ dari tamu-undangan anda. Jika anda yang ingin lebih simpel, taruh papan kayu halus di dekat pintu masuk dan biarkan tamu undangan menandatangani kayu tersebut secara bebas. Dengan melakukan hal-hal unik seperti ini, anda bisa memanfaatkan guest book yang ada sebagai kenang-kenangan dan pajangan untuk rumah anda di masa depan.

back droopWedding Backdrop

Wedding backdrop yang biasa digunakan pada pernikahan biasanya berwarna putih, kaku, dan hanya berguna sebagai penghias belaka. Padahal jika anda kreatif dalam memanfaatkan wedding backdrop ini, anda bisa menjadikannya sebagai sarana tambahan untuk menarik perhatian para undangan. Wedding backdrop ini pun bisa berfungsi sebagai alternatif objek foto-foto para tamu undangan. Beberapa desain wedding backdrop yang unik seperti backdrop yang berbentuk tenda, penuh tulisan, memiliki desain arch, atau bahkan dari pohon hidup.. Intinya, buat semenarik mungkin wedding backdrop yang anda gunakan, sehingga para tamu undangan akan tertarik dan tidak canggung untuk berfoto menggunanakan wedding backdrop tersebut.

diy wedding stallDIY Food Stall

Jika biasanya makanan yang ada tersedia dalam bentuk prasmanan dan menu makanan yang itu-itu saja, anda bisa menggunakan food stall dengan konsep DIY (Do-it-yourself) seperti BBQ Joint atau food & drink bar. Para tamu undangan diberikan kebebasan untuk membuat sendiri beberapa menu makanan dan minuman. Tapi tentu saja, ada penjaga yang mengawasi dan mengajari para tamu undangan yang merasa kesusahan. Konsep ini selain berfungsi sebagai fitur tambahan unik pada acara pernikahan anda, para tamu pun akan merasa sedikit ‘bebas’ dalam menghadiri acara pernikahan yang biasanya memiliki kesan formal dan ketat.

dance floorLantai Dansa

Dalam budaya pernikahan di Indonesia, lantai dansa dan aktifitas fisik seperti berdansa bersama tidaklah lazim dilakukan. Banyak orang yang menganggap bahwa kegiatan ini akan merusak suasana sakral dan merusak tradisi pernikahan. Padahal, aktifitas berdansa dapat mencairkan suasana antara para tamu, saling mendekatkan diri dengan calon pengantin, dan juga menjadi daya tarik sendiri dari acara pernikahan anda. Gunakan lantai dansa dan tambahkan aktifitas berdansa pada rundown acara pernikahan anda, jika anda ingin acara pernikahan anda berjalan santai dan fun untuk dinikmati semua umur. Percayalah, begitu musik diputar dan anda mulai berdansa, para tamu undangan akan segera bergabung dan ceria bersama anda.

vidio boothVideo Booth

Jika biasanya pernikahan menyediakan photo booth sebagai fitur tambahan yang bisa digunakan oleh tamu undangan, anda bisa menggunakan video booth sebagai alternatifnya. Bedanya adalah, jika hasil photo booth bisa dan boleh dibawa pulang oleh tamu undangan, hasil video booth tidak akan bisa dibawa pulang secara langsung oleh tamu undangan. Video booth digunakan oleh para tamu undangan sebagai sarana untuk mengucapkan selamat kepada para pengantin dengan waktu yang terbatas. Kemudian, kumpulan video-video tersebut diedit menjadi satu video kesatuan yang digunakan sebagai panjatan doa dan ucapan selamat dari para tamu undangan. Menarik bukan?

Bagaimana? Tertarik untuk menambahkan fitur-fitur tambahan unik di atas sebagai bagian dari acara pernikahan anda? Jangan takut untuk berkreasi dengan hal-hal baru untuk acara pernikahan anda, karena kadang dari kreatifitas inilah akan tercipta momen yang tidak akan terlupakan selama-selamanya. Selamat berkreasi!

author: rani

 

Share the Post

About the Author

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: