cara dan tips menjadi menantu yang baik dan idaman

sungkeman dengan mertua

cara dan tips menjadi menantu yang baik dan idaman

cara dan tips menjadi menantu yang baik dan idaman

menjaga keharmonisan dengan mertuaSetiap pasangan yang sudah menikah tentunya ingin menjadi idaman bagi sang mertua, namun terkadang untuk mewujudkannya tidak begitu mudah. Mungkin dengan hal ini Anda dapat menyesuaikan diri dengan setiap perbedaan yang ada pada hubungan pernikahan Anda, tapi mungkin akan sulit untuk Anda menyesuaikan diri terhadap perbedaan anda dengan mertua. Sebelum menikah biasanya ada perkenalan diantara kedua belah pihak dan beserta orangtuanya, hal seperti ini kedua belah pihak harus menerima keluarga masing-masing dengan apa adanya. Dalam ini akan ada beberapa tantangan yang dihadapi untuk seorang menantu untuk menjalin hubungan yang begitu akrab bersama menantunya. Berikut ulasan tentang cara menjadi Menantu yang benar dan baik juga menjadi idaman sang mertua.
·         Mulai dari bersikap dengan positif
Sama halnya dengan menantu, sang mertua juga baru merasakan pertama menghadapi pasangan dari anaknya atau menantunnya, so bersikaplah positif terhadap mertua, apa yang akan dihadapi bersikaplah tenang, sang mertua pun juga sebenarnya berusaha menjadi ibu/bapak yang baik buat anak-anaknya.
·         Sikap menghormati
Seperti hal biasanya kalau kita harus menghormati orang yang lebih tua dari kita, pada mertua misalnya. Kita sebagai menantu harus menghormati mertua dan semua perkataan serta saran-saran dari mertua. Walaupun pendapat anda berbeda dengan mereka atau tidak setuju janganlah sesekali kita membantahnya.
·         Jadikan persamaan
Ibu/bapak mertua juga sudah menjadi ibu/bapak kandung sendiri, misalkan kita memberi sesuatu pada orang tua kita maka mertua juga harus diberi suatu yang sama, hal ini boleh diseimbangi atau tidak. Tapi kalau mau terlihat baik harus disamakan atau disetarakan.
·         Berkompetisi
Yang dimaksud berkompetisi yaitu, tanda kita sadari dari beberapa mertua terlihat bersaing dengan menantunya, terutama pada menantu wanita, jika misalnya menantu wanita sedang masak dan masakannya sangat enak maka ibu mertua ingin mengetahui resep masakan tersebut dan pasti ada keinginan untuk menyainginya.
·         Harapan
Ada beberapa menantu wanita disambut baik oleh keluarga dari suami, tetapi jika si menantunya bukan apa yang diharapkan oleh mertua maka janganlah putus asa berikanlah mereka waktu untuk mengenal sikap anda dengan baik dan mengetahui semua tentang anda.
·         Kritik dan saran
Biasanya mertua selalu mengatur menantunya untuk melakukan sesuatu yang diinginkan, terkadang juga sikap menantu tidak disukai oleh sang mertua maka adanya saran dan kritik yang dikatakan pada menantu. Saran tersebut harus diterima dan tetap menghormati apa yang dikatakan oleh mertua, jika memang masih ada yang merasa ganjal atau tidak setuju dengan saran beliau maka cobalah untuk berbicara dengan baik dan benar, setidaknya kita sudah berusaha yang terbaik untuk mereka.
·         Sikap perhatian
Sikap ini tidak hanya untuk pasangan tercinta saja, tapi untuk sang mertua juga harus diperhatikan. Seperti misalnya jika ibu/bapak mertua ingin pergi kesuatu tempat maka turuti keinginanya itu, dan senantiasa manantu harus memperhatikan hal yang lainya.
·         Berkomunikasi
Yang namanya manusia pasti merasakan hal yang tidak menyenangkan, kalau kita pendam perasaan tersebut maka beban terasa berat. Nah jika terjadi hal yang kurang baik atau sebagainya kita harus memberanikan untuk bercerita kepada mertua kita, masalah apa yang ada pada diri kita, kita harus ceritakan padanya, pasti yang namanya mertua akan membantu menantunya yang sedang ada masalah. Dan harus tetap jaga komunikasinya.

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: