Antara Pernikahan Outdoor dan Indoor

Tema-Dekorasi-pernikahan-Pesta-Pantai

Antara Pernikahan Outdoor dan Indoor

Antara Pernikahan Outdoor dan Indoor

tema pernikahan pantaiTamu undangan sudah dipilih, desain undangan pernikahan sudah dibuat, baju pengantin sudah dijahit dan siap dipakai. Namun, anda masih bingung dengan tempat resepsi pernikahan.


Ada yang bilang lebih baik outdoor karena bisa menampung banyak orang dan terkesan lebih segar. Tapi ada juga yang bilang lebih baik di indoor atau di dalam ruangan demi mencegah masalah cuaca yang tidak diinginkan. Jadi, lebih baik memilih yang mana? Simak lebih jauh untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari outdoor atau indoor wedding!
Outdoor Venue
Jika dalam acara pernikahan anda menginginkan suasana natural, penuh kesegaran, dan pemandangan yang menyejukan, anda akan sangat menyukai pernikahan secara outdoor. Pepohonan di sekitar area acara, adanya gazebo, tumbuhan dan warna hijau dedaunan akan membuat suasana pernikahan semakin santai. Apalagi jika ditambahkan suasana sunset dan alunan musik lembut nan nikmat ditelinga. Anda dan para tamu akan sangat menikmati jalannya acara dan betah berlama lama. Jika anda memutuskan untuk memakai resepsi outdoor venue, anda akan mendapatkan kelebihan-kelebihan berikut ini :
Lebih Bebas
Dikarenakan acara akan dilakukan di tempat terbuka, anda dapat lebih bebas mengatur tema dan aktifitas yang akan ada dalam acara pernikahan. Mulai dari flash mob, karaoke hingga kuis untuk tamu undangan dapat dilakukan dengan bebas tanpa khawatir kekurangan tempat. Dekorasi dan ornamen tambahan yang ingin dimasukan ke dalam acara pun dapat dipilih lebih leluasa.

Lebih Segar
Jika pada hari pernikahan cuaca cerah, tidak terlalu panas dan bisa dibilang sempurna, atmosfir acara akan jauh lebih baik ketimbang menjalankan pernikahan secara indoor.. Dikarenakan acara berada diluar ruangan, udara dan angin segar pun dapat dengan mudah didapatkan sehingga tamu tidak akan merasa gerah dan tidak nyaman. Para tamu undangan pun akan dimanjakan dengan pemandangan pohon-pohon dan hijau daun yang berada di sekitar acara pernikahan.
Lebih Intim
Biasanya pasangan yang menginginkan acara pernikahan mereka dilakukan secara outdoor menginginkan suasana yang santai, kasual, dan lebih intim. Para tamu undangan pun umumnya hanya terdiri dari relasi terdekat dan keluarga inti saja. Memang, jika suatu acara pernikahan hanya diisi orang-orang yang dikenal dekat suasana akan menjadi lebih intim dan penuh kekerabatan. Para tamu undangan juga akan lebih leluasa untuk bisa berinteraksi satu sama lain tanpa harus merasa kesempitan.

Dibalik semua manfaat ini, tentu saja kita harus mempertimbangkan resiko-resiko dan kekurangan yang akan diterima jika menggunakan outdoor venue ini. Beberapa faktor yang menjadi kekurangan dan resiko dari outdoor venue adalah :

Faktor Cuaca
Cuaca buruk dan hujan deras merupakan momok yang paling menakutkan bagi pasangan yang memilih outdoor venue sebagai tempat pesta atau resepsi pernikahan mereka. Cuaca yang tidak pernah bisa ditebak akan menjadi kendala utama. Tidak hanya hujan dan angin besar, intensitas kelembaban pun harus diperhatikan. Kelembaban yang terlalu tinggi bisa merusak make-up dan tata rias pengantin, menimbulkan alergi dan tentu saja akan membuat tamu undangan tidak nyaman.

 Mahal
Meskipun terlihat lebih sederhana, banyak vendor-vendor tempat pernikahan outdoor memasang tarif yang lebih mahal daripada pernikahan indoor. Para vendor ini sudah tahu bahwa konsumen lebih banyak yang menyukai acara pernikahaan secara outdoor, yang sayangnya menyebabkan naiknya harga pasaran. Bukan hanya itu, calon pengantin pun harus memikirkan untuk menyewa tenda dan meja dan kursi tambahan.

tema pernikahan unikIndoor Venue

Jika anda dan pasangan termasuk orang yang tidak mau ribet, anda bisa menggunakan indoor venue  sebagai tempat acara pernikahaan anda. Selain lebih praktis dan lebih mudah ditemukan dimana-mana, indoor venue juga lebih bisa memberikan jaminan kepastian akan acara pernikahan anda. Berikut beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika memutuskan memilih indoor venue :

Lebih Aman
Hujan badai, angin besar, atau panas terik tidak akan menghantui acara pernikahan anda. Dengan menggunakan indoor venue, acara anda akan jauh lebih aman dari gangguan eksternal yang tidak bisa dikontrol, seperti cuaca. Biarpun acara dilakukan pada bulan-bulan yang rawan dengan cuaca ekstrim, anda tidak perlu khawatir hal tersebut akan mempengaruhi kelancaran acara.

Lebih Praktis
Apabila anda menyewa gedung untuk sebuah pernikahan, mereka sudah menyediakan juga kursi dan meja, baik untuk para tamu maupun keluarga pengantin. Akan lebih praktis lagi jika anda menyewa ruangan di hotel, karena biasanya mereka menyediakan paket pernikahan lengkap dengan catering dan dekorasinya. Jika anda menggunakan jasa wedding organizer, anda bahkan bisa santai menunggu hari H tiba.

Lebih Ekslusif
Acara pernikahan yang dilakukan di dalam gedung akan terkesan lebih ekslusif, formal, dan terlihat lebih mewah. Dekorasi yang mendukung disertai dress code tamu yang pas akan semakin menambah kesan berkelas.
Mungkin anda sudah familiar dengan keuntungan menggunakan indoor venue sebagai tempat acara pernikahan anda. Namun, apa saja resiko dan kekurangan tersembunyi dari indoor venue ini?

Sempit
Sudah pasti jika acaranya dilakukan dalam satu ruangan, maka akan ada kemungkinan ruangan tersebut akan penuh. Orang-orang saling berhimpitan, belum lagi harus berbagi ruangan dengan dekorasi dan stall makanan. Jika keadaan seperti ini, diperlukan alat-alat tambahan yang bisa membuat tamu tetap nyaman, seperti AC dan tempat duduk yang tertata dengan rapih sehingga tamu undangan tetap berada dalam situasi yang kondusif.

Banyak Peraturan
Dikarenakan indoor value mempunyai tempat yang sempit dan sangat dijaga oleh pihak pemilik, pasti akan banyak peraturan-peraturan yang wajib anda patuhi. Hal ini mungkin akan sedikit menjadi ‘batu’ untuk tema pernikahan anda. Bukan tidak mungkin anda harus merubah sedikit susunan acara atau tema pernikahan agar tidak berbentrokan dengan peraturan yang ada

Banyak Permintaan
Jika sedang memasuki musim menikah, jangan harap anda akan mendapatkan tempat dengan cepat. Pernikahan indoor venue merupakan acara pernikahan yang paling banyak peminatnya. Ada yang sudah membooking jauh jauh hari demi kepastian mendapatkan tempat resepsi. Untuk itu, segera booking tempat resepsi anda selagi masih jauh.

Tentu saja, keputusan untuk memilih venue wedding kembali lagi kepada anda. Jika anda masih bingung, anda bisa mencari tempat yang setengah-setengah, setengah area indoor dan setengah areanya lagi outdoor. Jangan lupa juga untuk cek kembali urusan undangan pernikahan, tamu undangan, dan semua elemen penting dalam acara pernikahan anda. Selamat menikah!

Share the Post

About the Author

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: