7 Desain Kartu Undangan Modern Yang Kreatif dan Anti Mainstream

Kartu Undangan Modern

7 Desain Kartu Undangan Modern Yang Kreatif dan Anti Mainstream

7 Desain Kartu Undangan Modern Yang Kreatif dan Anti Mainstream!

By Rani Yustita

Kartu undangan modern dengan desain kekinian banyak dipilih oleh pasangan muda. Selain unik dan kreatif, kartu undangan modern ini juga menjadi simbol jiwa anak muda mereka.


Tradisi acara pernikahan yang selalu dihiasi dengan elemen-elemen tradisional perlahan-lahan mulai bergeser. Banyak pasangan anak muda yang akan menikah merasa tradisi seperti ini terlalu kaku, kuno, dan tidak cocok di zaman mereka. Mereka kemudian mengkombinasikan elemen tradisional dengan menambahkan sesuatu yang modern, atau bahkan merombaknya 100%  yang dimaksudkan untuk merubah tradisi. Dalam hal ini, kartu undangan modern merupakan salah satu cara paling gampang untuk merubah tradisi.

Kartu undangan biasanya hanya berbentuk sederhana, dengan tulisan cursive itu-itu saja sehingga terlihat kaku, formal, dan terkesan berat. Untuk itu, para pasangan muda ingin memberikan suasana baru yang lebih fresh, segar, kekinian dan lebih santai namun tetap terlihat sakral. Seperti apa sih bentuk dan desain dari kartu undangan modern ini? Simak terus artikel kami di bawah ini yah!

Kartu Undangan Modern : Semi-Transparent

Kartu Undangan Modern

Jika sekilas kamu melihat gambar di atas, terlihat unik bukan? Ya, kartu undangan modern yang bersifat semi transparan ini banyak diminati kaum muda di luar negeri sana. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri, kartu ini masih jarang di gunakan. Selain belum banyak vendor kartu undangan yang bisa membuatnya, bahan yang digunakan pun harus impor jika ingin kualitas bagus. Tapi tentu saja, kartu undangan modern model semi-transparent ini akan sepadan dengan hasil yang didapatkan : modern, elegan, dan berkelas.

 

Kartu Undangan Modern Brushstroke

Kartu Undangan Modern

Ya, kartu undangan jenis ini sekarang juga sedang trend di kalangan anak muda yang akan menikah. Desain brushstroke atau tarikan kuas ini terlihat seperti asli bukan? Padahal, desain ini digunakan 100% digital, dan bisa diproduksi secara masal dan cepat. Desain ini termasuk desain yang unik karena tidak terdapat pola yang sama alias abstrak. Tambahan foil gold pada beberapa elemen kartu undangan juga membuat kartu undangan ini terlihat modern dan berkelas, namun tetap sederhana.

 

Minimalist

Kartu Undangan Modern

Bagi pasangan yang ingin kartu undangannya terlihat sederhana, mereka biasanya memilih tema kartu undangan modern minimalis seperti di atas. Kartu undangan jenis ini biasanya hanya menggunakan dua warna yang kontras : hitam dan putih. Tulisan yang ada di kartu undangan pun hanya berisi informasi yang vital untuk acara pernikahan, seperti nama pengantin, tempat resepsi, dan informasi penting lainnya. Meskipun terlihat sederhana, kartu undangan modern ini tidak terlihat kaku dan formal, seperti desain kartu undangan pernikahan lainnya.

 

Art Deco

Kartu Undangan Modern

Salah satu desain kartu undangan kreatif khas anak muda yang juga banyak digemari adalah tema art deco seperti gambar di atas. Sekilas, tema art deco ini mirip dengan tema steampunk, namun ada sedikit perbedaan yang membuatnya menarik. Pola garis-garis yang terlihat memenuhi hampir setengah cover kartu undangan akan membuat mata fokus pada nama pengantin dan informasi tempat resepsi. Jika kamu berniat menggunakan kartu undangan pernikahan ini, pastikan menggunakan warna yang tidak mencolok dan font yang pas dengan komposisi polanya. Pastikan juga pola yang di taruh pada cover kartu undangan ini beraturan dan tidak terlalu abstrak.

 

Bright Strike

Kartu Undangan Modern

Desain kartu undangan pernikahan tradisional biasanya menggunakan warna-warna yang terkesan formal, kaku dan berat. Karena itulah, banyak pasangan muda yang memberanikan diri menggunakan warna yang sangat mencolok pada desain kartu undangan modern yang mereka pilih. Warna-warna seperti kuning dan hijau neon polos bisa digunakan sebagai warna cover kartu undangan. Sedangkan isi dari kartu undangan ini menggunakan warna-warna netral, agar komposisi warna seimbang dan informasi mudah dibaca.

 

Edgy

Kartu Undangan Modern

Kartu undangan modern edgy ini merupakan jenis kartu undangan yang mengedepankan pola-pola abstrak dan tidak umum, seperti gambar di atas. Jika kita lihat, foil gold yang biasa digunakan untuk huruf atau border, dibuat random dan tidak jelas bentuknya. Sekilas memang hal ini akan membuat kartu undangan akan terlihat aneh, namun ada sisi artsy atau nilai estetika sendiri yang dihasilkan oleh desain ini. Unik dan menarik bukan?

 

Handwritten

Kartu Undangan Modern

Jenis kartu undangan modern terakhir yang digemari oleh para pasangan anak muda adalah tema handwritten di atas. Tema ini digemari lantaran terlihat natural, minimalis, sederhana namun tetap modern dan berbeda dari tema lainnya. Biasanya, tulisa tangan yang ada pada kartu undangan ini ditulis oleh pasangan yang ingin menikah, yang kemudian dipindahkan secara digital oleh  desainer. Tidak jarang juga tulisan tangan dari para pasangan ini berupa bubuhan tanda tangan mereka, yang membuatnya semakin personal.

Baca Juga : 5 Tips Rahasia Mendapatkan Kartu Undangan Murah Namun Berkualitas Tinggi!

Kartu undangan modern dan kartu undangan tradisional memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, tergantung dari tema acara pernikahan yang di pakai. Jika kamu menggunakan adat atau etnik tertentu dalam acara pernikahan, lebih baik desain kartu undangan pun disesuaikan. Tapi jika acara pernikahan yang kamu laksanakan tidak menggunakan adat, kamu bisa bebas berkreasi dan kreatif dalam membuat desain kartu undangan modern.

Share the Post

About the Author

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: