6 Desain Kartu Undangan Adat Yang Tradisional Tapi Tetap Kece!

Kartu Undangan Adat

6 Desain Kartu Undangan Adat Yang Tradisional Tapi Tetap Kece!

6 Desain Kartu Undangan Adat Yang Tradisional Tapi Tetap Kece!

By Rani Yustita

Adat budaya asal tanah lahir kita memang harus dilestarikan. Untuk membantu melestarikan budaya pernikahan tradisional, banyak orang menggunakan kartu undangan adat


Tradisi dan budaya pernikahan memang perlahan-lahan mulai bergeser dari  arah tradisional menuju ke arah yang lebih modern. Tapi bagi sebagian orang, acara pernikahan yang memakai adat budaya terlalu sakral untuk dirubah tradisinya. Mereka merasa adat harus selalu digunakan untuk acara pernikahan, tidak boleh tidak. Selain karena alasan tradisi yang sudah dilaksanakan turun temurun, budaya tradisional tanah kelahiran memang perlu dipertahankan. Namun bagi pasangan muda-mudi yang menginginkan pernikahan yang modern namun terkendala keinginan orang tua yang ingin tetap tradisional, tentu jadi membingungkan. Namun jangan khawatir, disini kami akan memberikan 7 desain kartu undangan adat yang tradisional namun tetap kece dan terasa modern. Penasaran seperti apa? Cek terus artikel kami di bawah yah!

Kartu Undangan Adat : Rainbow Pattern

Kartu Undangan Adat

Kamu ingin menggunakan kartu undangan adat namun tidak terlalu berat? Kalau begitu, cocok sekali dengan kartu undangan adat rainbow pattern seperti pada gambar di atas. Tentu saja, pattern atau pola yang ada bisa kamu ubah dan modifikasi sesuai adat yang kamu inginkan. Namun kami sarankan untuk tetap menggunakan warna putih pada bagian lingkaran tulisan, agar tulisan mudah di baca. Pastikan juga warna rainbow atau pelangi yang ada pada cover menggunakan gradasi warna yang halus dan tidak terlalu mencolok mata.

Regal Symbol & Pattern

Kartu Undangan Adat

Ini dia salah satu kartu undangan adat yang unik dan keren, regal symbol and pattern. Gabungan khas simbol dan pola adat budaya pada cover kartu undangan akan membuat kartu undangan semakin etnik dan kental dengan budaya tradisional. Namun berkat pilihan warna dan penempatan pola yang sedemikan rupa, kartu undangan adat ini terlihat modern dan jauh dari kesan kuno. Kamu juga bisa menambahkan amplop tambahan yang dituliskan nama kamu dan pasangan serta tempat resepsi kalian. Tentu saja lengkap dengan simbol dan pola dari adat budaya yang kalian pakai pada acara pernikahan.

 

Colorful Ethnic Illustrations

Kartu Undangan Adat

Kata siapa tradisional harus melulu berat dan formal? Dengan menggunakan kartu pernikahan adat yang dibubuhi ilustrasi berwarna, kartu undangan pernikahan kamu akan jauh dari kesan formal. Namun demi kartu undangan adat yang terlihat otentik dan kental dengan budaya yang kamu pilih, pastikan warna dan jenis ilustrasi ‘pas’. Artinya, jenis gambar dan warnanya tidak boleh lepas dari tema, seperti misalnya menggunakan gambar kartun Jepang pada adat budaya India. Tentu tidak cocok bukan? Dan jangan lupa untuk menggunakan warna yang netral dan tidak mencolok untuk bagian dalam kartu undangan adat ini agar terlihat seimbang.

 

Simple Vector Illustrations

Kartu Undangan Adat

Jika kamu mencari kartu undangan adat yang simple, kamu bisa coba menggunakan desain simple vector illustrations seperti pada gambar di atas. Ilustrasi yang digunakan bukan gambar kamu dan pasangan, tapi lebih ke ornamen adat dan budaya yang akan kamu gunakan pada acara pernikahan. Undangan yang berbentuk single hardcover ini menggunakan warna cover yang terang namun tidak mencolok. Sedangkan warna ilustrasi dan pola di belakangnya menggunakan warna yang lembut agar kontras dengan warna cover kartu undangan adat. Sederhana, menarik dan tetap kental dengan adat bukan?

 

Ethnic Letterpress Pattern

Kartu Undangan Adat

 

Selain bermain dengan warna, kamu juga bisa bermain pola dengan menggunakan letterpress untuk menghasilkan kartu undangan adat yang unik dan kreatif. Seperti pada gambar di atas, pola yang sedemikian rupa dibuat dan diberikan efek letterpress agar terlihat nyata dan elegan. Warna teal yang lembut pun sengaja digunakan agar kartu undangan tidak terlihat kaku dan terlalu formal. Kalau kamu mau, kamu juga bisa menambahkan foil gold pada beberapa bagian tulisan agar mata langsung fokus dan jelas, seperti pada tulisan kamu dan pasangan misalnya. Jangan lupa juga untuk menggunakan kertas yang bertekstur agar pola yang di letterpress bisa terlihat lebih bagus.

 

Vintage Scroll Work

Kartu Undangan Adat

 

Buat kamu yang suka dengan suasana vintage dan hanya ingin menambahkan kesan modern sedikit saja, kamu bisa menggunakan kartu undangan adat model vintage scroll work seperti di atas. Meskipun terlihat sederhana, namun pada dasarnya pola yang ada pada bagian bawah dan atas akan membuat kartu undangan adat ini terlihat elegan. Apalagi jika tulisan tentang informasi acara pernikahan menggunakan warna gold, tentu akan membuat kartu undangan adat ini terlihat mewah. Namun terlepas dari hal ini, ada hal lainnya yang harus kamu perhatikan : bahan kertas yang digunakan pada kartu undangan adat. Vintage berarti tidak menggunakan bahan yang glossy dan legam, tapi lebih ke arah bertekstur dan sedikit terlihat kasar.

Baca Juga : 
Sedang Mencari Kartu Undangan Minimalis Yang Berkelas? Cek 8 Inspirasinya Desainnya Disini!

Acara pernikahan sejatinya merupakan suatu acara sakral yang memang terkadang harus mengikuti tradisi yang sudah berusia ratusan tahun. Namun bukan berarti kamu tidak bisa bekreasi dan berinovasi. Masih banyak kok desain kartu undangan pernikahan yang khusus menggunakan adat yang bagus-bagus, tergantung bagaimana kamu mencarinya. Atau jika bingung, kamu bisa mencoba menanyakan ke vendor kartu undangan yang terpercaya untuk membuat kartu undangan adat.

 

 

/ Blog

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: