5 Tanda Kamu Dan Pasangan Sudah Cocok & Siap Menikah

Siap Menikah

5 Tanda Kamu Dan Pasangan Sudah Cocok & Siap Menikah

5 Tanda Kamu Dan Pasangan Sudah Cocok & Siap Menikah

 By Rani Yustita

Banyak orang bilang, jodoh yang sudah siap menikah dapat terlihat sejak pandangan pertama.


Namun banyak juga yang bilang hal itu tidaklah mungkin, karena harus ada sebuah proses yang panjang untuk menentukan apakah pasangan kamu merupakan jodoh kita atau tidak. Untuk mengenalinya, ada tanda-tanda yang terlihat dan mengisyaratkan bahwa kamu dan pasangan sudah cocok dan siap menikah.

Tanda-tanda ini menandakan bahwa kamu dan pasangan sudah kompatibel secara mental, prinsip, dan perilaku. Karena percaya atau tidak, kompabiliti antar pasangan lebih penting daripada cinta semata. Kompabiliti ini akan membuat komunikasi di masa depan semakin lancar dan kalian berdua akan saling menghormati satu sama lain.

 

Satu Nilai, Satu Tujuan

Tanda pertama kamu dan pasangan sudah cocok dan siap menikah adalah, kalian memiliki satu nilai dan satu tujuan hidup yang sama. Sama disini bukan berarti harus 100% serupa, namun sama dalam inti dari sebuah pernikahan dan kehidupan rumah tangga. Hal ini sangat penting, karena jika terjadi sedikit saja perbedaan, akan banyak terjadi ‘goyangan’ pada rumah tangga yang akan dibina dimasa depan.

Nilai dan tujuan pernikahan ini bisa diibaratkan sebagai kompas rumah tangga kalian berdua. Kompas sejatinya hanya menunjukan satu arah, tidak mungkin menunjukan 2 arah secara bersamaan. Jika nilai dan tujuan kalian berdua tentang pernikahan, rumah tangga, hingga anak sudah satu arah, berarti kalian sudah cocok dan sangat siap untuk menikah.

 

Melihat Kekurangan Pasangan Sebagai Hal Yang ‘Menawan’

Untuk menjadi pasangan hidup semati, menerima kekurangan pasangan merupakan hal yang mutlak diperlukan. Pasangan yang sudah cocok dengan kamu tidak akan hanya menerima kekuranganmu, namun melihatnya sebagai sesuatu yang ‘menawan’ dan membuatnya makin jatuh cinta. Dia bahkan tidak melihatnya sebagai kekurangan, tapi sebagai bagian dari jati dirimu yang tidak mungkin terpisahkan. Dia siap menerimanya dengan senang hati, karena dia tahu kamu tidaklah sempurna, dan dia siap menjadi penyempurnamu.

Kenapa menerima kekurangan pasangan merupakan hal yang penting dalam pernikahan? Karena konflik-konflik besar yang biasa terjadi pada kehidupan rumah tangga pasti berawal dari konflik kecil yang terus terakumulasi. Dengan menerima kekurangan ini, hubungan pernikahan akan tetap sehat dan konflik pun akan jarang terjadi.

 

Sudah Mempunyai Aturan Main Dalam Berargumen

Tidak dipungkiri bahwa kebanyakan konflik yang ada pada kehidupan rumah tangga terjadi akibat miskomunikasi dan adu argument antara suami dan istri. Namun jika sedari awal suami dan istri ini sudah mempunyai aturan main dalam berargumen, konflik akan minim terjadi dimasa depan.

Apabila diantara kamu dan pasangan sudah tercipta aturan main dalam berargumen, semisal jangan menggunakan kata-kata kasar, bicarakan lembut dan sebagainya, maka kalian memang sudah sangat cocok dan siap menikah. Dengan menetapkan aturan main ini, kalian akan senantiasa menjaga dan menghormati pasangan pada kehidupan rumah tangga yang akan dijalani di masa depan.

 

Siap menikah

Pasangan berargumen dengan sehat

 

Menjadi Yang Pertama Dikabari

Kamu mendapatkan promosi pekerjaan? Menang lotere? Atau mendapatkan kabar yang buruk? Apabila pasangan kamu menjadi orang pertama yang diberitahu, maka kalian sudah klop dan memang sudah sangat siap menikah.

Pasangan yang kompatibel tidak sungkan membagi dan menerima emosi dari pasangannya, baik emosi positif maupun emosi kesedihan dan menyakitkan. Mereka akan saling menguatkan apabila ditimpa kabar buruk, dan akan saling merayakan jika menerima kabar baik. Jika kamu dan pasangan sudah seakan menjadi satu, berarti  kamu dan pasangan sudah siap menikah.

 

Saling Tanggung Jawab dan Meminta Maaf

Tanda terakhir yang menunjukan pasangan sudah cocok dan siap menikah adalah, saling bertanggung jawab masing-masing dan meminta maaf tanpa perlu diminta. Pernikahan bukan milik seorang, namun kerja sama antara suami dan istri dalam segala hal.

Rasa saling bertanggung jawab ini biasanya akan tumbuh jika kamu benar-benar sayang secara luar dalam kepada pasangan. Kamu ingin bertanggung jawab pada dirinya, begitupun juga sebaliknya. Kamu juga rela berkontribusi untuk kehidupannya, bekerja sama dengannya, dan tidak masalah menerima kekurangannya. Nah, jika sebelum menikah kamu dan pasangan sudah merasa saling bertanggung jawab, maka kalian sudah siap menikah dan hidup bersama.

 

Baca Juga : 5 Kebiasaan Ini Dapat Memperkuat Pernikahan Anda Loh!

 

Yah, bagi sebagian orang yang beruntung, mereka bisa menemukan jodohnya dengan cepat. Bagi sebagian orang yang belum, tetap jangan menyerah yah! Selalu berusaha mencari ditambah dengan doa kepada Tuhan agar kita segera bertemu pasangan jodoh kita yang sudah siap menikah.

 

 

 

Share the Post

About the Author

Comments

No comment yet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: