5 Kebiasaan Kecil Ini Akan Memperkuat Pernikahan Anda Loh!

Memperkuat Pernikahan

5 Kebiasaan Kecil Ini Akan Memperkuat Pernikahan Anda Loh!

5 Kebiasaan Kecil Ini Akan Memperkuat Pernikahan Anda Loh!

Memperkuat pernikahan dan kehidupan rumah tangga tidaklah mudah, karena harus dibangun dengan kerja sama antara suami dan istri.


Keduanya harus bekerja saling membantu, saling memperkuat pernikahan, dan saling mengingatkan hingga maut memisahkan. Tentu saja, hal ini tidak gampang untuk dilakukan. Diperlukan satu kebiasaan yang dilakukan setiap hari yang akan memperkuat pernikahan dan kehidupan rumah tangga.

Namun, apakah sih kebiasaan-kebiasaan ini? Benarkah kebiasaan ini dapat memperkuat pernikahan dan kehidupan rumah tangga? Penasaran kan? Simak terus ulasan kami dibawah ini yah!

 

1. Selalu Fokus Pada Hal Positif

Kebiasaan kecil yang akan memperkuat pernikahan kita yang pertama adalah, selalu fokus pada hal positif yang dilakukan oleh pasnagan. Memang terdengar mudah, namun percayalah hal ini sulit dilakukan. Dibutuhkan ketenangan pikiran dan positive mental attitude yang besar untuk dapat fokus pada hal positif.

Kita akan dengan sangat mudah melihat keburukan dan kejelekan perilaku dari pasangan kita. Kita bisa cepat marah dan kesal, namun tidak bisa cepat berterima kasih dan bersyukur atas kehadiran pasangan kita. Karena itulah, mulai sekarang kita harus selalu fokus pada hal positif yang dilakukan oleh pasangan kita demi memperkuat pernikahan yang sudah di bangun.

Positif disini bukan hanya bagaimana kita melihat pasangan, namun juga bagaimana memberikan kritik yang membangun dan memberitahu pasangan dengan cara yang positif. Suami dan istri sudah mutlak perlu saling memperkuat pernikahan dan saling membantu, namun juga harus diperhatikan caranya. Dengan cara pikir negatif, tidak akan ada hasil yang dicapai. Namun dengan cara pikir positif, hasil yang didapat akan jauh lebih baik dari apa yang diharapkan.

 

2. Meminta Maaf Jika Melakukan Kesalahan

Gengsi dapat menjadi penghambat dan pembuat konflik dalam suatu hubungan pernikahan. Apalagi gengsi untuk meminta maaf pada pasangan, ada kemungkinan besar akan terjadi miskomunikasi dan pertengkaran yang sebenarnya tidak perlu. Karena itu, jika kita melakukan kesalahan, baik kecil atau besar, harus langsung meminta maaf secara tulus pada pasangan demi memperkuat pernikahan anda. Lupakan gengsi, lupakan harga diri, dan selalu ingat tujuan utama anda : saling bekerja sama untuk memperkuat pernikahan.

Dengan meminta maaf, kamu akan terlihat bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu lakukan dan berusaha dengan tulus memperbaikinya. Dalam proses meminta maaf pun jangan hanya sekedar meminta maaf, namun harus benar-benar meminta maaf secara tulus dan sangat berniat untuk memperbaikinya. Jika tidak dilakukan dengan tulus, alih-alih memperkuat pernikahan malah akan timbul masalah baru yang lebih besar.

 

3. Coba Untuk Tidak Menyalahkan Pasangan

Pada saat pasangan bertengkar, mereka biasanya akan saling mengkritik dan menyalahkan satu sama lain yang akan menyebabkan reaksi berantai. Memang jarang pasangan yang menyelesaikan masalah dengan cara diam, melihat mata pasangan, dan menjelaskan apa yang terjadi dan bagaimana mendapatkan solusinya.

Padahal dengan cara diam dan tenang, akan ada koneksi damai antara pasangan yang mempercepat proses pemilihan solusi untuk masalah yang sedang di pertengkarkan. Berbeda jika kamu dan pasangan saling menyalahkan, emosi malah akan semakin membara dan keadaan akan semakin jauh dari solusi.

 

Memperkuat Pernikahan

Pasangan harus saling memberi maaf

 

4. Kurangi Screen Time

Di era digital ini, banyak sekali pasangan yang merasa ‘diselingkuhi’ dengan telepon genggam pasangannya. Mereka merasa selalu kalah dengan smartphone yang ditatap pasangan, dan jadi jarang merasakan momen intim pada saat beradu mata. Dan menurut psikolog, hal ini akan berdampak buruk pada visi dan usaha memperkuat pernikahan yang kalian lakukan berdua.

Pasangan akan menjadi iri yang mengakibatkan timbul perasaan-perasaan negatif lainnya. Jika terlalu banyak, perasaan negatif ini akan ‘tumpah’ pada pasangan yang tentu saja akan menimbulkan pertengkaran. Alih-alih memperkuat pernikahan, hal ini malah akan membuat hubungan dan bondingship antara suami dan istri semakin jauh. Karena itulah, kurangi screen time, dan lebih sering lagi bertatap mata dengan pasangan

 

5. Menghargai Setiap Perbedaan Pasangan

Setiap manusia pasti memiliki perbedaan walau sekecil apapun, mulai dari perbedaan fisik, sifat, hingga selera. Dalam menjalani kehidupan rumah tangga, salah satu kebiasaan kecil yang akan membuat pernikahan semakin kuat adalah dengan menghargai setiap perbedaan pasangan. Tidak hanya  soal sifat dan perilaku, namun juga cara pandang dan prinsip yang dia punya, termasuk dalam soal memperkuat pernikahan.

 

 

Baca Juga : Tanda Hubungan Anda Diselimuti Perselingkuhan!

 

Banyak pasangan yang bertengkar karena mereka cenderung memaksakan kehendak mereka pada pasangannya. Mereka ingin pasangannya memiliki pandangan seperti mereka, dengan melarang dan memblokir cara pandang yang berbeda. Padahal sudah jelas, setiap orang pasti memiliki perbedaan. Karena itulah, kita harus menghargai setiap perbedaan pasangan, dan saling berusaha untuk memperkuat pernikahan dengan cara apapun yang positif. Dengarkan apa yang ingin dia ucapkan. Jika anda tidak mengerti jalan pikirannya, bicarakan dengan baik-baik agar tidak timbul pertengkaran yang tidak perlu.

Ajak juga pasangan anda untuk berada dalam satu halaman dan satu tujuan yang sama agar bisa saling memperkuat pernikahan.

Share the Post

About the Author

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: